Tautan-tautan Akses

Rusia: 30 Pesawat Tempur Ditarik dari Suriah


Pesawat tempur Rusia mulai ditarik mundur atas perintah Presiden Putin. Hemeimeem, Suriah (Foto: Vadim Grishakin/Kemenhan Rusia)

Pesawat tempur Rusia mulai ditarik mundur atas perintah Presiden Putin. Hemeimeem, Suriah (Foto: Vadim Grishakin/Kemenhan Rusia)

30 pesawat militer Rusia telah ditarik mundur dari Suriah, termasuk seluruh pesawat Sukhoi 25. Jubir Kemenhan Rusia Igor Konashenkov hari Rabu (4/5) tidak merinci jumlah pesawat tempur yang masih tersisa.

Militer Rusia mengatakan telah menarik sekitar 30 pesawat dari pangkalannya di Suriah, termasuk seluruh pesawat Sukhoi-25 untuk membantu serangan darat, yang ditempatkan di sana.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Igor Konashenkov hari Rabu (4/5) tidak merinci berapa banyak pesawat tempur yang masih tersisa, dan hanya mengatakan bahwa jumlah yang tersisa cukup untuk melawan kelompok ISIS dan afiliasi Al Qaeda di Suriah yang dikenal sebagai Front Al Nusra.

Presiden Vladimir Putin bulan Maret lalu memerintahkan penarikan mundur sebagian besar pasukan Rusia dari Suriah, tanpa merinci berapa banyak pesawat tempur yang juga akan ditarik dan berapa yang tersisa di sana.

Sebelumnya Rusia telah menempatkan lebih dari 50 pesawat tempur dan helikopter di pangkalan udara Hemeimeem di kawasan pantai Suriah. Serangan udara yang dimulai sejak 30 September 2015 membuat tentara Presiden Suriah Bashar Al Assad bisa merebut kembali sejumlah wilayah. [em]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG