Tautan-tautan Akses

Rusia Tarik Pesawat-pesawat Tempur dari Suriah


Pesawat-pesawat tempur Rusia Su-34 dan Tupolev Tu-154 meninggalkan pangkalan udara Hmeimim di Suriah menuju Rusia, Selasa (15/3).

Pesawat-pesawat tempur Rusia Su-34 dan Tupolev Tu-154 meninggalkan pangkalan udara Hmeimim di Suriah menuju Rusia, Selasa (15/3).

Sebelumnya, Presiden Vladimir Putin memerintahkan penarikan sebagian besar pasukan Rusia dari Suriah, setelah operasi lima setengah bulan.

Gelombang pertama pesawat tempur Rusia tiba di negara itu dari Suriah hari Selasa, menyusul pengumuman mengejutkan Presiden Vladimir Putin untuk menarik sebagian besar pasukannya dari negara Timur Tengah itu setelah operasi lima setengah bulan.

Televisi Rusia memperlihatkan tiga pesawat tempur Su-34 mendarat di sebuah pangkalan udara di bagian selatan negara itu, dan pilot berhelm putih dan jaket penerbang dikerumuni oleh massa pada acara penyambutan kedatangan mereka dan mereka diyun-ayunkan ke udara dalam perayaan.

Di tengah-tengah kibaran bendera Rusia dan balon merah, putih dan biru, sebuah band memainkan lagu dari era Stalin “Mars Penerbang” dan lagu kebangsaan Rusia.

Dalam pembicaraan damai Suriah di Jenewa, oposisi utama Suriah dengan hati-hati menyambut penarikan pasukan oleh Putin itu, dan mengatakan hal itu bisa mengakhiri pertempuran lima tahun dan “kediktatoran dan kejahatan” Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Tapi Damaskus menolak setiap gagasan bahwa Assad bersedia melepaskan kekuasaan. [lt]

XS
SM
MD
LG