Tautan-tautan Akses

Rusia Setuju Assad Mundur Jika Diinginkan Warga Suriah


Menlu Rusia, Sergei Lavrov mengatakan Moskow tidak keberatan dengan pengunduran Bashar al-Assad jika rakyat Suriah sendiri yang menyetujuinya.

Menlu Rusia, Sergei Lavrov mengatakan Moskow tidak keberatan dengan pengunduran Bashar al-Assad jika rakyat Suriah sendiri yang menyetujuinya.

Menlu Rusia, Sergei Lavrov mengatakan Moskow tidak akan keberatan apabila presiden Suriah mengundurkan diri dengan persyaratan yang ketat.

Para aktivis mengatakan sedikitnya 25 orang tewas dalam aksi kekerasan terkait gerakan anti-pemerintah di Suriah hari Sabtu, sementara Rusia mengatakan tidak akan keberatan apabila presiden Suriah mengundurkan diri dengan persyaratan yang ketat.

Kelompok Pemantau HAM Suriah mengatakan sedikitnya 17 orang tewas ketika pasukan pemerintah menghantam sasaran-sasaran di kota Daraa – Suriah Selatan. Kelompok pemantau yang bermarkas di Inggris itu mengatkan sedikitnya 8 lainnya tewas dalam penembakan dan bentrokan antara pasukan pro dan anti pemerintah di daerah lain, termasuk di pusat pergolakan Homs.

Warga Damaskus juga melaporkan terjadinya beberapa bentrokan antar kedua pihak di jantung ibukota, termasuk peningkatan di distrik Mazzeh.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan Rusia akan mendukung pengunduran diri Presiden Suriah Bashar Al Assad jika rakyat Suriah sendiri menyetujuinya.

Rusia juga mendesak gagasan konferensi internasional tentang Suriah guna mendorong komitmen internasional pada rencana perdamaian yang dimediasi oleh Utusan Khusus PBB-Liga Arab Kofi Annan.

Anggota-anggota Dewan Nasional Suriah yang beroposisi memberikan pandangan beragam soal apakah komentar Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov itu merupakan sikap baru Rusia yang selama ini menjadi pendukung kuat pemerintahan Assad.

Anggota Dewan Nasional Suriah Ausama Monajed mengatakan kepada VOA, pernyataan Sergei Lavrov hanyalah “retorika”.

XS
SM
MD
LG