Tautan-tautan Akses

Rusia Serukan Dihentikannya Adopsi Anak oleh Orangtua AS


Rusia mengkhawatirkan meningkatnya kekerasan dan kejahatan terhadap anak-anak angkat Rusia oleh orangtua Amerika mereka (foto: ilustrasi).

Rusia mengkhawatirkan meningkatnya kekerasan dan kejahatan terhadap anak-anak angkat Rusia oleh orangtua Amerika mereka (foto: ilustrasi).

Kementerian luar negeri Rusia hari Sabtu, menyerukan agar adopsi anak segera dihentikan sampai persetujuan tahun 2011 dengan AS diperkuat.

Warga Amerika yang ingin mengadopsi anak-anak Rusia mungkin untuk sementara akan dilarang melakukannya. Kementerian luar negeri Rusia hari Sabtu, menyerukan agar adopsi anak segera dihentikan sampai persetujuan tahun 2011 dengan AS diperkuat.

Sebuah pernyataan menyebutkan telah terjadi serangkaian kejahatan terhadap anak-anak angkat Rusia oleh orangtua Amerika mereka. Dinyatakan pula kemarahan terhadap masa hukuman singkat yang diberikan kepada seorang wanita Pennsylvania yang memukul anak angkat perempuannya. Gadis kecil itu akhirnya terpaksa dirawat di rumahsakit akibat luka bakar pada 10 persen tubuhnya.

November lalu, Rusia juga mengecam hukuman yang dijatuhkan terhadap pasangan

Amerika yang terbukti bersalah menyebabkan kematian anak laki-laki umur 7 tahun yang diadopsi dari Rusia. Michael dan Nanette Craver didakwa membunuh putera angkat mereka Nathaniel. Anak itu meninggal dunia karena cedera otak di rumahsakit pada tahun 2009. Hakim menjatuhi hukuman penjara 19 bulan, masa tahanan yang telah mereka lewatkan di penjara.

Para pejabat Rusia semula telah mengancam akan menghentikan adopsi anak-anak oleh warga AS setelah terjadi kasus pada tahun 2010 di mana seorang wanita Tennessee mengirim putera angkatnya ke Moskow, dengan naik kapal terbang sendiri, dengan alasan dia tak mampu lagi mengurus anak itu yang nakal.

Kementerian luar negeri Rusia menyatakan adopsi hanya akan diperbolehkan kembali apabika AS setuju mengizinkan para pemantau Rusia mengunjungi rumah anak-anak angkat itu. Associated Press melaporkan, warga Amerika telah mengadopsi hampir 50 ribu anak Rusia sejak awal tahun-tahun 1990-an.

XS
SM
MD
LG