Tautan-tautan Akses

Rusia Rahasiakan Jumlah Korban Militer dalam Masa Damai


Presiden Vladimir Putin menandatangani dekrit yang merahasiakan tentara Rusia yang tewas di masa damai (foto: dok).

Presiden Vladimir Putin menandatangani dekrit yang merahasiakan tentara Rusia yang tewas di masa damai (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani sebuah dekrit yang akan merahasiakan tentara Rusia yang tewas di masa damai.

Dekrit itu dipublikasikan dalam situs resmi pemerintah dan ditandatangani oleh Presiden Rusia Vladimir Putin hari Rabu (27/5), menyatakan bahwa informasi tentang tewasnya tentara Rusia dalam “operasi khusus” pada masa damai, sebagai informasi rahasia.

Dekrit itu menunjukkan bukti keterlibatan Rusia dalam konflik di Ukraina Timur yang kian memuncak.

Ukraina pekan lalu menangkap dua laki-laki yang mengatakan mereka adalah tentara Rusia yang bekerja untuk kelompok separatis di Ukraina Timur.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan keduanya bukan tentara aktif. Namun dalam beberapa wawancara yang direkam dengan video, kedua laki-laki itu mengatakan mereka berada di Ukraina atas perintah komandan mereka.

Langkah itu memicu kecaman keras dari Amnesti Internasional.

“Dekrit ini tidak saja merupakan serangan terang-terangan terhadap kebebasan berpendapat, tetapi juga dengan sinis menunjukkan spekulasi adanya hal yang disembunyikan Presiden Putin, khususnya terkait tewasnya tentara Rusia di Ukraina," demikian ujar John Dalhuisen, Direktur Amnesti Internasional Untuk Eropa dan Asia Tengah dalam pernyataan tertulisnya.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG