Tautan-tautan Akses

Rusia Perintahkan Penahanan 8 Lagi Aktivis Greenpeace


Polusi Rusia menahan para aktivis Greenpeace karena berusaha menaiki anjungan minyak Rusia di perairan Laut Utara (26/9).

Polusi Rusia menahan para aktivis Greenpeace karena berusaha menaiki anjungan minyak Rusia di perairan Laut Utara (26/9).

Para aktivis lingkungan alam Greenpeace itu ditahan karena berusaha menaiki anjungan minyak Rusia di perairan Laut Utara.

Pengadilan Rusia di kota Murmansk memerintahkan delapan orang lagi aktivis lingkungan alam Greenpeace supaya ditahan di penjara karena berusaha menaiki anjungan minyak Rusia di perairan Laut Utara.

Dua puluh dua orang tersangka lainnya juga diperintahkan ditahan minggu lalu, sementara pejabat Rusia menyelidiki tuduhan pembajakan yang dikenakan atas para aktivis lingkungan itu.

Ke-30 orang aktivis Greenpeace itu berusaha menaiki anjungan minyak Gazprom milik pemerintah Rusia dua minggu lalu. Pengawal anjungan yang bersenjata menangkap mereka karena mengira mereka adalah pembajak.

Namun, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan ke-30 orang itu bukan pembajak, dan menuduh mereka melanggar peraturan internasional yang membahayakan awak anjungan minyak itu.

Kata jurubicara Greenpeace, anjungan pengeboran minyak itu berbahaya karena akan merusak garis pantai Laut Utara kalau terjadi tumpahan minyak.
XS
SM
MD
LG