Tautan-tautan Akses

Rusia Mulai Kirim Gas Ke Ukraina


Pipa gas di Ukraina.

Pipa gas di Ukraina.

Aliran gas itu memberikan cukup energi bagi Ukraina untuk memanaskan rumah-rumah melewati bulan-bulan musim dingin Eurasia terburuk.

Ukraina yang kekurangan bahan bakar dan berjuang melawan separatis pro-Rusia di dekat perbatasan dengan Rusia, telah mulai menerima pengiriman gas alam lintas batas pertama sejak Moskow menghentikan pasokan Juni lalu karena sengketa sengit mengenai harga.

Para analis mengatakan aliran gas itu, yang dilakukan setelah negosiasi panjang mengenai harga dan tunggakan pembayaran, memberikan cukup energi bagi Ukraina untuk memanaskan rumah-rumah melewati bulan-bulan musim dingin Eurasia terburuk.

Dimulainya kembali pengiriman pasokan gas dari Rusia yang dikukuhkan Selasa (9/12) itu, dilakukan selagi pasukan Ukraina dan pasukan pemberontak menyepakati apa yang disebut “Hari Tenang” dalam upaya untuk menghidupkan kembali gencatan senjata yang dilanggar dalam beberapa jam setelah 5 September, tanggal dimulainya kesepakatan itu.

Pihak berwenang mengatakan pembicaraan tentang gencatan senjata bisa dimulai Jumat.

Pasokan baru itu juga dikirim sementara Dana Moneter Internasional memulai pembicaraan dengan para perunding Kyiv mengenai syarat-syarat dan ketentuan untuk melanjutkan paket pinjaman sebesar US$17 miliar.

XS
SM
MD
LG