Tautan-tautan Akses

Rusia Minta Polandia Cegah Kekerasan Sepakbola


Polisi Warsawa menahan para pelaku kerusuhan dalam bentrokan antara pendukung Rusia dan tuan rumah Polandia, Selasa (12/6).

Polisi Warsawa menahan para pelaku kerusuhan dalam bentrokan antara pendukung Rusia dan tuan rumah Polandia, Selasa (12/6).

Kementerian Luar Negeri Rusia mengimbau hal itu, pasca bentrokan antara fans Polandia dan Rusia di Warsawa, menjelang pertandingan 'Euro 2012' Selasa (12/6).

Rusia meminta Polandia untuk mencegah kekerasan timbul kembali dalam kejuaraan sepak bola Euro 2012.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengeluarkan pernyataan setelah bentrokan awal pekan ini antara fans Polandia dan Rusia di Warsawa.

Presiden Rusia Vladimir Putin hari Rabu menyatakan keprihatinannya tentang bentrokan itu, mengatakan panitia penyelenggara bertanggung jawab terhadap keamanan para fans asing.

Polisi Polandia menahan 184 orang yang terlibat dalam bentrokan antara fans Rusia dan Polandia sebelum dan selama pertandingan di Warsawa, hari Selasa.
Bentrokan pertama terjadi dalam pawai ribuan fans Rusia ke Stadion Nasional pada "Hari Rusia," yang memperingati jatuhnya Uni Soviet. Insiden kekerasan juga terjadi sewaktu pertandingan berlangsung, yang berakhir imbang 1-1.

Dalam konferensi pers hari Rabu, Menteri olahraga Polandia, Joanna Mucha, mengatakan insiden itu membuatnya merasa "malu" dan "muak." Ia mengatakan orang yang terlibat adalah "perusuh," bukan penggemar.
Menteri Dalam Negeri Polandia Jacek Cichocki mengatakan akan ada "proses cepat" dalam prosedur pidana terhadap warga asing yang ditahan sehingga hukumannya bisa diputuskan dalam dua hari dan mereka dapat dideportasi dari Polandia.

Dalam pawai itu, polisi menggunakan gas air mata dan peluru karet untuk meredakan bentrokan. Para pejabat mengatakan 10 polisi cedera.
XS
SM
MD
LG