Tautan-tautan Akses

Rusia Luncurkan Teleskop Antariksa Terbesar dan Terkuat


RadioAstron atau Spektr R, teleskop antariksa Rusia yang diluncurkan dari Kazakhstan (18/7).

RadioAstron atau Spektr R, teleskop antariksa Rusia yang diluncurkan dari Kazakhstan (18/7).

Teleskop Spektr-R dirancang untuk melihat hingga jarak milyaran tahun cahaya dalam usaha mengungkap misteri alam semesta.

Rusia telah meluncurkan, apa yang disebut para pakar, teleskop antariksa yang paling kuat dan paling besar yang pernah dibuat.

Para ilmuwan Rusia mengatakan Spektr-R diluncurkan dari Kazakhstan hari Senin (18/7) dan tidak lama kemudian, mulai mengorbit bumi.

Pembuat Spektr-R itu mengatakan teleskop tersebut dirancang untuk melihat milyaran tahun cahaya jauhnya dalam usaha untuk mengungkapkan misteri alam semesta.

Pemimpin ilmuwan Vladimir Bobyshkin mengatakan kita di Bumi hanya mengetahui sedikit tentang apa yang mengelilingi planet dan matahari. Ia mengatakan walaupun kedengarannya seperti khayalan, ia yakin tidak mungkin hanya kita di planet Bumi ini yang hidup dalam alam semesta.

Bobyshkin mengatakan gambar-gambar yang kita peroleh melalui teleskop itu pasti akan memperluas pengetahuan manusia dan memulai revolusi dalam astrofisika ketika fenomena seperti 'Lubang Hitam' (the Black Hole) dan Dark Matter dapat diamati.

Para ilmuwan diperkirakan akan mengeluarkan gambar-gambar pertama sebelum akhir tahun ini.

XS
SM
MD
LG