Tautan-tautan Akses

Rusia Larang Impor Sayur dari Polandia, Ketegangan Terkait Ukraina Meningkat


Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin

Rusia melarang impor produk sayur dan buah segar dari Polandia, Rabu, sehari setelah Uni Eropa dan Amerika Serikat memberlakukan sanksi-sanksi baru yang keras terhadap Moskow terkait perannya dalam krisis di Ukraina.

Moskow juga memperingatkan akan memperluas larangan impor itu ke seluruh 28 anggota Uni Eropa, tampaknya sebagai pembalasan atas sanksi-sanksi keras baru yang diumumkan hari Selasa oleh para pejabat Amerika dan Uni Eropa.

Larangan Rusia itu diberlakukan hanya dua hari setelah Polandia meminta sanksi-sanksi baru dari Barat, untuk menghukum Kremlin karena memasok misil kepada pemberontak Ukraina yang menjatuhkan pesawat Malaysia pada 17 Juli lalu.

Sebelumnya, juga Rabu (30/7), Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut sanksi-sanksi Uni Eropa-Amerika, yang menarget sektor energi, pertahanan, teknologi dan keuangan Moskow, merusak dan berwawasan sempit. Kementerian tersebut juga menuduh Washington bersikap angkuh dan mendakwa yang akan menyebabkan semakin buruknya hubungan Amerika-Rusia.

XS
SM
MD
LG