Tautan-tautan Akses

Rusia Kirim 280 Truk Bantuan ke Ukraina


Konvoi 280 truk Rusia bergerak menuju Ukraina bagian timur, Selasa (12/8).

Konvoi 280 truk Rusia bergerak menuju Ukraina bagian timur, Selasa (12/8).

Ribuan orang di bagian timur Ukraina yang berbahasa Rusia kekurangan air, obat-obatan dan listrik, sementara pasukan Ukraina bertempur melawan separatis pro-Rusia.

Media pemerintah Rusia mengatakan, sebuah konvoi yang terdiri dari 290 truk yang mengangkut bantuan kemanusiaan telah meninggalkan Ukraina timur yang dikoyak perang.

Televisi Rusia melaporkan Selasa, misi bantuan itu dilangsungkan bekerjasama dengan Komite Palang Merah Internasional.

Tetapi, Palang Merah Internasional, dalam pernyataan hari Senin, mengatakan belum ada persetujuan mengenai partisipasi Rusia dan mengatakan “rincian praktis perlu dijelaskan” sebelum misi demikian dapat dilakukan.

Ribuan orang di bagian timur Ukraina yang berbahasa Rusia dilaporkan kekurangan air, obat-obatan dan listrik, sementara pasukan Ukraina bertempur melawan separatis pro-Rusia yang berusaha mendirikan daerah otonomi dekat perbatasan Rusia.

Sebelumnya hari Senin, Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden Ukraina Petro Poroshenko berbicara melalui telepon dan sependapat bahwa setiap kehadiran Rusia di Ukraina tanpa izin Kyiv melanggar hukum internasional.

Situs internet kepresidenan Ukraina kemudian mengatakan rencana misi pertolongan itu menyerukan partisipasi Uni Eropa, Rusia, Jerman dan “mitra-mitra lainnya.”

XS
SM
MD
LG