Tautan-tautan Akses

Rusia Janjikan Ukraina Gas Murah dan Pinjaman $15 Miliar


Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden Ukraina Viktor Yanukovych berbicara di sela-sela konferensi pers di Moskow, Selasa (17/12).

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden Ukraina Viktor Yanukovych berbicara di sela-sela konferensi pers di Moskow, Selasa (17/12).

Pemerintah Rusia Selasa (17/12) berjanji untuk mengurangi sepertiga harga ekspor gas alam ke Ukraina dan memberinya kredit 15 miliar dollar

Rusia berjanji untuk mengurangi sepertiga harga ekspor gas alam ke Ukraina dan memberinya kredit 15 miliar dollar, sementara berbagai demonstrasi pro-Uni Eropa berlanjut di ibukota, Kiev, dan kota-kota Ukraina lainnya.

Bantuan Rusia itu diumumkan hari Selasa (17/12) seusai pertemuan di Moskow antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Viktor Yanukovych.

Putin mengatakan Rusia akan memangkas harga gas bagi Ukraina menjadi 268 dollar 50 sen per 1.000 meter kubik. Ia mengatakan ini adalah sebuah langkah sementara.

Ia juga mengatakan Rusia akan berinvestasi 15 miliar dollar dari Dana Kesejahteraan Nasional Rusia dalam sekuritas pemerintah Ukraina. Ukraina perlu setidaknya 10 miliar dollar guna menghindari kebangkrutan.

Pertemuan itu berlangsung ditengah serangkaian protes anti-pemerintah di Ukraina, yang pecah bulan lalu karena Yanukovych menolak menanda-tangani perjanjian perdagangan dengan Uni Eropa demi mempererat hubungan dengan Rusia.

Hari Senin, partai berkuasa di Ukraina menuntut perombakan total Kabinet dalam sebuah tanda pimpinan Ukraina berusaha menenangkan para demonstran pro Uni Eropa itu.
XS
SM
MD
LG