Tautan-tautan Akses

Rusia Janjikan Bantuan 10 Milyar Dolar untuk Zona Euro


Presiden Rusia Dmitry Medvedev (tengah) menghadiri KTT Uni Eropa-Rusia di Brussels, Belgia dan menjanjikan bantuan bagi Zona Euro (15/12).

Presiden Rusia Dmitry Medvedev (tengah) menghadiri KTT Uni Eropa-Rusia di Brussels, Belgia dan menjanjikan bantuan bagi Zona Euro (15/12).

Rusia mengatakan siap menjanjikan lebih dari 10 miliar dolar untuk Dana Moneter Internasional (IMF) guna membantu perekonomian zona euro yang sedang bermasalah.

Presiden Rusia, Dmitry Medvedev membuat janji itu hari Kamis di Brussels dalam KTT Uni Eropa-Rusia.

Penasihat ekonomi Presiden Rusia itu, Arkady Dvorkovitch, sebelumnya mengatakan 10 miliar adalah angka minimum untuk komitmen itu.

Medvedev mengatakan 40 persen cadangan mata uang Rusia diinvestasikan dalam euro dan Rusia berkepentingan agar Uni Eropa bertahan sebagai kekuatan ekonomi dan politik.

Tawaran Rusia itu menyusul KTT para pemimpin Eropa pekan lalu di mana hampir semua negara anggota Uni Eropa menjanjikan hampir 200 miliar dolar dana dan pinjaman untuk paket penyelamatan IMF.

KTT hari Kamis itu dihadiri antara lain oleh Presiden Uni Eropa Herman Van Rompuy, kepala Komisi Uni Eropa Jose Manuel Barroso, dan Medvedev. KTT itu diadakan hanya beberapa hari setelah pemilu di Rusia yang mendapat banyak kecaman.

Dalam jumpa pers setelah KTT itu, Van Rompuy mengritik pemilu itu dengan mengatakan Uni Eropa prihatin dengan berbagai penyimpangan, tapi menyambut janji Rusia untuk memantau pemilu-pemilu mendatang.

XS
SM
MD
LG