Tautan-tautan Akses

Rusia-India Tandatangani Transaksi Energi dan Pertahanan


Vladimir Putin dan Manmohan Singh setelah menandatangani transaksi milyaran dolar bidang energi dan pertahanan di New Delhi, 12 Maret 2010.

Vladimir Putin dan Manmohan Singh setelah menandatangani transaksi milyaran dolar bidang energi dan pertahanan di New Delhi, 12 Maret 2010.

Rusia akan membangun hingga 16 reaktor nuklir di tiga tempat di India, dengan setengahnya akan selesai dibangun tahun 2017.

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin mengakhiri lawatan singkatnya ke India dengan menandatangani transaksi bernilai milyaran dolar dalam bidang energi dan pertahanan, terutama untuk penjualan teknologi Rusia ke India.

Baik Putin maupun Perdana Menteri India Manmohan Singh memuji kemitraan yang erat antara kedua negara, menyusul pembicaraan hari Jumat di New Delhi.

Dalam satu transaksi besar, Rusia berencana membangun hingga 16 reaktor nuklir di tiga tempat di India, dengan setengahnya akan selesai dibangun tahun 2017. Kedua pihak juga sepakat memperbarui penjualan kapal induk Rusia era Soviet. Delegasi Putin juga menandatangani persetujuan untuk menjual kepada India 29 jet tempur angkatan laut MiG29K.

India semula setuju membeli kapal induk Laksamana Gorshkov kurang dari 1 milyar dolar, tapi kini harganya diyakini menjadi lebih dari dua kali dari jumlah itu.

Singh mengatakan ia dan Putin juga membahas isu-isu regional, termasuk perang di Afghanistan dan berbagai upaya untuk memerangi terorisme.

XS
SM
MD
LG