Tautan-tautan Akses

Rusia Gunakan Seluruh Opsi untuk Lindungi Ukraina, AS Tawarkan Bantuan 1 Miliar Dolar


Menlu AS John Kerry di Kyiv, Ukraina

Menlu AS John Kerry di Kyiv, Ukraina

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry Selasa tiba di Kyiv, Ukraina, di mana ia akan mengumumkan paket bantuan 1 miliar dolar untuk negara yang terpecah karena kerusuhan politik itu.

Sementara Kerry menunjukkan dukungan Amerika bagi pemerintah sementara Ukraina, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan negaranya siap menggunakan seluruh opsi untuk melindungi warga Rusia di Ukraina. Ia menambahkan ia berharap Rusia tidak perlu menggunakan kekuatan.

Dalam pernyataan pertamanya sejak presiden terguling Ukraina Viktor Yanukovych kabur dari Kyiv, pemimpin Rusia itu menyebut perubahan kekuasaan politik di Ukraina sebagai kudeta yang anti-konstitusional dan perebutan kekuasaan dengan senjata, dan mengatakan Yanukovych masih pemimpin sah Ukraina, meskipun ia tidak berpeluang terpilih kembali.

Pernyataan Presiden Putin hari Selasa dilontarkan di tengah-tengah berkembangnya krisis terkait kehadiran militer Rusia di kawasan Krimea, Ukraina. Amerika Serikat dan sekutu-sekutu Eropanya sedang mempertimbangkan sanksi-sanksi terhadap Rusia atas pergerakan tentaranya memasuki Ukraina.

Sewaktu di Ukraina, Kerry diperkirakan akan bertemu para anggota pemerintahan sementara dan memperkuat dukungan Amerika bagi kedaulatan Ukraina. Jaminan mengenai pinjaman yang diperkirakan akan ditawarkannya dimaksudkan untuk meringankan dampak rencana mengurangi subsidi energi terhadap warga Ukraina.
XS
SM
MD
LG