Tautan-tautan Akses

Rusia Geledah Kantor Amnesty International di Moskow


Sergei Nikitin, Direktur Amnesty Internasional Rusia mengatakan, polisi Rusia melakukan audit mendadak di kantor Amnesty di Moskow, Senin 25/3 (foto: dok).
Sergei Nikitin, Direktur Amnesty Internasional Rusia mengatakan, polisi Rusia melakukan audit mendadak di kantor Amnesty di Moskow, Senin 25/3 (foto: dok).

Pihak berwenang Rusia melakukan penggeledahan atas markas besar organisasi HAM Amnesty International di Moskow hari Senin (25/3).

Pihak berwenang Rusia menggeledah markas besar organisasi HAM Amnesty International di Moskow, yang terbaru dalam gelombang penggeledahan yang menurut para aktivis merupakan pelecehan oleh negara.

Direktur Amnesty International Rusia Sergei Nikitin mengatakan, kejaksaan dan polisi Rusia melakukan audit mendadak di kantor itu hari Senin, meminta dokumen-dokumen yang menurut Nikitin sudah dimiliki oleh pemerintah Rusia.

Penggeledahan dilakukan setelah kejaksaan menggeledah kantor puluhan LSM di Moskow selama beberapa pekan terakhir ini, termasuk Memorial, salah satu organisasi HAM tertua Rusia.

Undang-undang yang disahkan Presiden Vladimir Putin bulan Juli mewajibkan LSM yang menerima bantuan finansial dari luar negeri dan terlibat dalam kegiatan politik mendaftarkan diri ke Kementerian Kehakiman sebagai “agen asing.” Pengecam mengatakan undang-undang itu dimaksudkan untuk mengintimidasi lawan-lawan politik Kremlin.

Pekan lalu, Amnesty International bersama Human Rights Watch dan Front Line Defenders mengeluarkan pernyataan bersama mengutuk penggeledahan itu.

Recommended

XS
SM
MD
LG