Tautan-tautan Akses

Pejabat Rusia Desak Snowden Terima Tawaran Suaka Venezuela


Alexei Pushkov, Kepala Komisi Hubungan Luar Negeri parlemen Rusia mendesak Edward Snowden menerima tawaran suaka politik di Venezuela (foto: dok).

Alexei Pushkov, Kepala Komisi Hubungan Luar Negeri parlemen Rusia mendesak Edward Snowden menerima tawaran suaka politik di Venezuela (foto: dok).

Snowden diperkirakan masih berada di ruangan transit di bandara Sheremetyevo di Moskow, di mana ia tiba dari Hongkong dua minggu yang lalu.

Seorang anggota parlemen Rusia yang berpengaruh mendesak bekas kontraktor badan intelijen Amerika Edward Snowden untuk menerima tawaran suaka politik di Venezuela.

Alexei Pushkov, Kepala Komisi Hubungan Luar Negeri parlemen Rusia telah memasang beberapa pesan Twitter, yang berbunyi: Venezuela sedang menunggu jawaban Snowden, dan ini kemungkinan adalah kesempatannya yang terakhir untuk mendapat suaka politik.

Snowden diperkirakan masih berada di ruangan transit di bandara Sheremetyevo di Moskow, di mana ia tiba dari Hongkong dua minggu yang lalu. Pemerintah Amerika telah mencabut paspornya sehingga ia tidak bisa bepergian kemanapun.

Sementara itu menteri luar negeri Brazil Antonio Patriota mengatakan pemerintahnya sangat prihatin karena adanya laporan yang mengatakan dinas intelijen Amerika telah menyadap hubungan telpon dan email jutaan orang di negaranya. Kata Patriota, ia telah minta penjelasan lewat Dutabesar Amerika di Brasilia.

Kemarin, Presiden Bolivia Evo Morales menawarkan suaka politik kepada Snowden. Ia adalah pemimpin Amerika Latin ketiga yang melakukan hal itu setelah Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan Presiden Nicaragua Daniel Ortega.

Masih belum jelas bagaimana Edward Snowden yang berumur 30 tahun itu akan pergi ke salah satu dari ketiga negara yang menawarkan suaka politik itu.
XS
SM
MD
LG