Tautan-tautan Akses

Rusia Buka Kembali Ekspor Gandum


Petani Rusia menggunakan pesawat untuk menyebarkan zat kimia pembunuh serangga di ladang gandum di Mozdok, Ossetia utara (8/6).

Petani Rusia menggunakan pesawat untuk menyebarkan zat kimia pembunuh serangga di ladang gandum di Mozdok, Ossetia utara (8/6).

Rusia, salah satu eksportir gandum terbesar dunia, menghentikan ekspor untuk mengamankan persedian di dalam negeri.

Rusia telah melanjutkan kembali ekspor gandum setelah satu tahun terhenti karena bencana kebakaran dan kekeringan hebat yang menghancurkan sepertiga panen negara itu.

Rusia, yang pernah menjadi eksportir gandum terbesar ketiga di dunia, menghentikan ekspor untuk mengamankan suplai bagi konsumsi domestik.

Namun, hasil panen tahun ini diperkirakan lebih baik dari yang diproyeksikan, dan berdasarkan curah hujan bulan Mei dan Juni, para pakar cuaca memperkirakan bencana kekeringan tahun lalu tidak akan terjadi lagi tahun ini.

Sejumlah pejabat Rusia kini memperkirakan, Rusia akan mengekspor hingga 15 juta ton gandum pada tahun 2011. Mereka mengatakan, mereka memonitor kondisi dalam negeri secara seksama sementara ekspor negara itu meningkat.

Harga gandum Rusia telah menurun dalam beberapa pekan belakangan, Sejumlah pejabat mengatakan jika harga mulai meningkat di dalam negeri, mereka memiliki 6 juta ton gandum simpanan untuk menstabilkan harga.

Tidak jelas hingga seberapa besar ekspor Rusia yang kembali berlanjut akan mempengaruhi pasar gandum internasional.

XS
SM
MD
LG