Tautan-tautan Akses

Rusia Bersiap Langsungkan Upacara Pembukaan Olimpiade


Kembang api terlihat menghiasi angkasa Taman Olimpade, saat persiapan upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di distrik Adler, Sochi (4/2).

Kembang api terlihat menghiasi angkasa Taman Olimpade, saat persiapan upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di distrik Adler, Sochi (4/2).

Rusia tengah bersiap untuk melangsungkan upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di kota resor Sochi di Laut Hitam, Jumat (7/2).

Upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di kota Sochi akan dimulai sekitar jam 23:00 WIB.

Ribuan orang akan berada di Stadion Olimpiade Fisht untuk upacara spektakuler yang akan menandai peluncuran resmi Pesta Olah Raga Sochi.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon akan hadir, bersama dengan sekitar 40 kepala negara dan pemimpin dari seluruh dunia dalam upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Rusia (7/2).

Namun Presiden Amerika Barack Obama dan sejumlah pemimpin Uni Eropa lainnya tidak akan hadir, selagi Rusia menghadapi kecaman terkait undang-undang baru yang melarang penyebaran yang disebut "propaganda gay" kepada anak-anak, yang menurut para pengecam dapat digunakan untuk menindak pendukung hak-hak gay pada umumnya.

Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach, yang menyerahkan obor Olimpiade kepada Ban hari Kamis (6/2) dalam estafet bor Olimpiade, mengatakan kepada wartawan hari Jumat (7/2) bahwa persiapan Olimpiade berlangsung "cukup lancar," tetapi mengakui bahwa beberapa hari pertama Olimpiade biasanya memiliki "masalah kecil disana- sini." Dia tidak mengatakan apa masalah tersebut.

Pengamanan tetap ketat Jumat di dan sekitar perkampungan Olimpiade, dimana pihak berwenang waspada untuk kemungkinan serangan teroris.

Thomas Bach Jumat ini mengatakan tidak adil kalau hanya menyebut Olimpiade Sochi yang menghadapi ancaman keamanan tersebut. Dia mengatakan ancaman teroris juga terjadi di Olimpiade lainnya, termasuk di Sydney pada tahun 2000, Athena 2004, dan Salt Lake City pada tahun 2002.

Pengamanan juga telah ditingkatkan di sekitar Kremlin pada jam-jam sebelum upacara pembukaan tersebut.
XS
SM
MD
LG