Tautan-tautan Akses

Rusia Bebaskan Pejabat Penjara Dalam Kasus Magnitsky


Dmitry Kratov

Dmitry Kratov

Pengadilan Tverskoy, Rusia, menyatakan Dmitry Kratov tidak bersalah dalam melakukan kelalaian yang mengakibatkan tewasnya Magnitsky, Jumat (28/12).

Sebuah pengadilan Rusia telah membebaskan seorang pejabat tinggi penjara dari dakwaan terlibat dalam kematian pengacara Sergei Magnitsky, yang mengungkapkan kasus korupsi pejabat pemerintah, pada 2009.

Pengadilan Tverskoy, Jumat, menyatakan Dmitry Kratov tidak bersalah melakukan kelalaian yang mengakibatkan tewasnya Magnitsky.

Magnitsky, seorang pengacara anti korupsi, meninggal di penjara setelah mengungkap jaringan korupsi di pemerintahan menyangkut penggelapan uang pajak senilai 250 juta dolar.

Kasus itu telah menjadi sorotan para aktivis HAM di Rusia dan di luar negeri. Kongres Amerika bulan ini menyetujui UU Magnitsky, yang memberlakukan sanksi terhadap para pejabat Rusia yang dituduh melanggar HAM.

Rusia membalas dengan rancangan undang-undang yang melarang warga Amerika mengadopsi anak-anak Rusia. Presiden Rusia Vladimir Putin menantangani rancangan itu menjadi undang-undang hari Jumat.

Amerika adalah negara pengadopsi terbanyak anak-anak Rusia.
XS
SM
MD
LG