Tautan-tautan Akses

Rusia Batalkan Kasus Aktivis Greenpeace


Pengadilan Rusia saat membacakan keputusan terhadap aktivis Greenpeace di St.Petersburg, Rusia bulan lalu (foto: dok).

Pengadilan Rusia saat membacakan keputusan terhadap aktivis Greenpeace di St.Petersburg, Rusia bulan lalu (foto: dok).

Rusia membatalkan kasus terhadap aktivis Greenpeace yang ditahan sehubungan dengan protes di Kutub Utara bulan September lalu.

Rusia telah membatalkan kasus terhadap setidaknya satu aktivis Greenpeace yang ditahan sehubungan dengan protes September di Kutub Utara.

Lebih dari 30 orang terlibat dalam protes itu, dan Greenpeace mengatakan berharap semua akan bebas meninggalkan Rusia pada akhir minggu ini.

Pemerintah Rusia telah membebaskan sejumlah tahanan yang mendapat sorotan besar dalam seminggu terakhir - termasuk penguasa Mikhail Khodorkovsky dan anggota band Pussy Riot terakhir yang dipenjara. Pembebasan itu terjadi hanya dua bulan sebelum Olimpiade Sochi.

Menurut Greenpeace, awak kapal "Arctic Sunrise" sedang menggelar protes damai di sebuah anjungan minyak Rusia ketika mereka ditangkap. Protes itu bertujuan untuk menarik perhatian terkait ancaman pengeboran minyak terhadap lingkungan.

28 aktivis Greenpeace dan dua wartawan lepas awalnya didakwa melakukan pembajakan. Tuduhan itu kemudian diturunkan menjadi premanisme, dengan kemungkinan hukuman 7 tahun penjara.
XS
SM
MD
LG