Tautan-tautan Akses

Menlu Rusia akan Bertemu Menlu Turki di Serbia


Menlu Rusia Sergey Lavrov telah setuju untuk bertemu dengan Menlu Turki di Serbia (foto: dok).

Menlu Rusia Sergey Lavrov telah setuju untuk bertemu dengan Menlu Turki di Serbia (foto: dok).

Menlu Rusia Sergey Lavrov telah setuju untuk bertemu dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu minggu ini dalam pertemuan para Menlu Eropa di Belgrade, Serbia.

Menlu Rusia hari Rabu (2/12) mengatakan ia setuju untuk bertemu dengan Menlu Turki minggu ini untuk mendengar penjelasan Turki mengenai penembakan jatuh jet tempur Rusia bulan lalu.

Sergey Lavrov mengatakan akan bertemu dengan Mevlut Cavusoglu di sela-sela pertemuan para Menlu Organisasi Kerjasama Keamanan Eropa (OSCE) di Belgrade, ibukota Serbia.

Ia menambahkan Turki yang meminta pertemuan itu.

Turki berkeras pesawat Rusia itu melanggar wilayah udaranya, meskipun telah berkali-kali diperingatkan dan mengatakan tidak akan meminta maaf atas kejadian itu yang menewaskan seorang pilot Rusia dan seorang marinir Rusia yang berusaha menyelamatkan pilot kedua.

Rusia mengklaim bahwa Turki menembak jatuh pesawatnya untuk melindungi apa yang dikatakan Presiden Rusia Vladimir Putin, keuntungan yang didapat Turki dari perdagangan minyak dengan kelompok ISIS. Lavrov mengatakan negaranya hendak memastikan bahwa “banjir” dan ancaman teroris di Turki jangan sampai masuk ke Rusia.

Rusia telah memberlakukan sanksi terhadap produk-produk Turki sebagai pembalasan atas penembakan jatuh jet tempurnya.

Pertemuan itu bisa melapangkan jalan untuk menurunkan ketegangan krisis yang meningkat antara Rusia dan Turki. [my/jm]

XS
SM
MD
LG