Tautan-tautan Akses

Rusia Ajukan Resolusi Tandingan Terkait Krisis Kemanusiaan di Suriah


Duta Besar Rusia untuk PBB Vitaly Churkin (Foto: dok).

Duta Besar Rusia untuk PBB Vitaly Churkin (Foto: dok).

Duta Besar Rusia untuk PBB Vitaly Churkin memberi naskah rancangannya kepada empat anggota tetap lain Dewan Keamanan – Amerika, Inggris, Perancis dan China –pada pertemuan Rabu malam, (12/2).

Seorang diplomat PBB mengatakan Rusia telah mengajukan resolusi PBB tandingan mengenai krisis kemanusiaan di Suriah kepada para anggota utama Dewan Keamanan setelah mengancam akan mem-veto sebuah rancangan yang didukung Barat dan Arab yang mengancam sanksi terhadap pemerintahan Presiden Bashar Assad.

Menurut pejabat yang tidak bersedia disebut namanya, dalam pertemuan tertutup tersebut Duta Besar Rusia di PBB Vitaly Churkin, memberi naskah rancangannya kepada empat anggota tetap lain Dewan Keamanan – Amerika, Inggris, Perancis dan China –pada pertemuan Rabu malam (12/2).

Rancangan Rusia tersebut mencakup bagian-bagian dari naskah rancangan Barat dan Arab dan perundingan diperkirakan akan diadakan untuk melihat apakah kedua naskah itu dapat digabung.

Para diplomat Barat mengatakan sasaran mereka adalah untuk memperoleh persetujuan Dewan Keamanan mengenai resolusi yang menuntut akses segera ke semua daerah Suriah untuk mengantar bantuan kemanusiaan.
XS
SM
MD
LG