Tautan-tautan Akses

Rumania Dukung Vonis 20 Tahun Penjara bagi Penjahat Era Komunis


Alexandru Visinescu, pimpinan penjara Ramnicu Sarat di Rumania tahun 1956 -1963, meninggalkan pengadilan di Bukares, 24 September 2014 (Foto: dok).

Alexandru Visinescu, pimpinan penjara Ramnicu Sarat di Rumania tahun 1956 -1963, meninggalkan pengadilan di Bukares, 24 September 2014 (Foto: dok).

Pengadilan Tinggi Bukares, Rabu (10/2), menolak banding yang diajukan Alexandru Visinescu, yang berusia 90 tahun, yang divonis bersalah pada Juli 2015.

Sebuah pengadilan banding Rumania mendukung vonis 20 tahun penjara yang dijatuhkan kepada seorang pria yang mengoperasikan penjara pada era komunis dan dinyatakan bersalah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Pengadilan Tinggi Bukares, Rabu (10/2), menolak banding yang diajukan Alexandru Visinescu, yang berusia 90 tahun, yang divonis bersalah pada Juli 2015. Ia mengoperasikan penjara Ramnicu Sarat untuk para tahanan politik, di mana semua tahanan ditempatkan masing-masing di ruang terpisah, tidak bisa berbicara satu sama lain, dipukuli dan dibiarkan kelaparan.

Para pengacara Visinescu berargumentasi pria itu hanya mematuhi perintah dan tidak melanggar hukum.

Para pendukung vonis mengatakan, keputusan itu menjadi preseden penting bagi kejahatan-kejahatan era komunis. Selain Visinescu, satu-satunya orang lain yang divonis bersalah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan pada era perang dingin di Rumania adalah diktator Nicolae Ceausescu, yang diadili dan dihukum mati pada tahun 1989. [ab]

XS
SM
MD
LG