Tautan-tautan Akses

Ruggiero Gantikan Holbrooke sebagai Utusan AS untuk Afghanistan-Pakistan


Mendiang Richard Holbrooke (kiri) mempunyai hubungan yang tegang dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai (foto dokumentasi: 1 April 2010).

Mendiang Richard Holbrooke (kiri) mempunyai hubungan yang tegang dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai (foto dokumentasi: 1 April 2010).

Frank Ruggiero, Wakil mendiang Richard Holbrooke, akan menggantikannya dalam pertemuan penting mengenai Afghanistan.

Pejabat senior Departemen Luar Negeri mengatakan seorang wakil mendiang Richard Holbrooke akan menggantikannya dalam pertemuan-pertemuan penting mengenai Afghanistan minggu ini dengan pejabat pemerintahan Obama lainnya.

Holbrooke telah bertugas sebagai utusan khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan dan memainkan peran penting dalam persiapan peninjauan kebijakan akhir tahun tentang Afghanistan yang akan menjadi topik dalam pertemuan-pertemuan itu.

Wakilnya Frank Ruggiero, akan menggantikan Holbrooke meskipun tidak jelas apakah ia akan mengambil alih jabatan itu secara permanen. Ia sebelumnya menjabat Wakil Menteri urusan hubungan Politik-Militer.

Holbrooke meninggal hari Senin setelah jatuh sakit minggu lalu di Washington.

Para pemimpin dari seluruh dunia menyampaikan duka cita dan rasa terkejut atas kematian Holbrooke. Presiden Pakistan Asif Ali Zardari mengatakan Pakistan kehilangan seorang sahabat, yang digambarkannya sebagai seorang diplomat yang sukses dan berpengalaman. Perdana menteri Yousuf Raza Gilani memuji Holbrooke yang dengan sabar membangun kemitraan strategis antara Pakistan dan Amerika.

Kantor berita Perancis mengutip Presiden Afghanistan Hamid Karzai, yang punya hubungan tegang dengan Holbrooke, mengatakan kematian Holbrooke merupakan sebuah kehilangan bagi rakyat Amerika.

Taliban berharap kematian Holbrooke akan membuat Amerika menarik tentaranya dari Afghanistan.

XS
SM
MD
LG