Tautan-tautan Akses

Menlu Australia: 2011 Tahun yang Sulit bagi Proses Perdamaian Timur Tengah


Menteri Luar Negeri Australia Kevin Rudd (foto: dok) mendukung upaya untuk mencapai perdamaian di Timur Tengah.

Menteri Luar Negeri Australia Kevin Rudd (foto: dok) mendukung upaya untuk mencapai perdamaian di Timur Tengah.

Menteri Luar Negeri Kevin Rudd mengatakan kegiatan permukiman Israel di wilayah Palestina telah merusak proses perdamaian.

Menteri Luar Negeri Australia Kevin Rudd memperingatkan proses perdamaian Timur Tengah akan menghadapi tahun yang sulit dan menantang.

Rudd berbicara pada hari Minggu di ibukota Yordania Amman pada konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Yordania Nasser Judeh.

Menlu Australia menekankan pentingnya untuk kembali ke meja perundingan. Tapi; ia mengatakan kegiatan permukiman Israel di wilayah Palestina telah merusak proses perdamaian dan harus dihentikan.

Ia mengeluarkan pernyataan yang sama pekan lalu di Mesir dan mengatakan ia akan mengulangi posisinya saat melakukan kunjungan ke Israel, yang dimulai pada hari Minggu.

Pekan lalu, Amerika menanggalkan upaya meyakinkan Israel agar melanjutkan pembekuan pembangunan permukiman Yahudi di kawasan Tepi Barat yang diklaim oleh Palestina. Otoritas Palestina menolak untuk melanjutkan pembicaraan langsung tanpa dihentikannya pembangunan permukiman secara total.

Rudd mengatakan Australia akan mendukung upaya untuk mencapai perdamaian di Timur Tengah, tetapi juga memperingatkan bahwa waktu hampir habis.

XS
SM
MD
LG