Tautan-tautan Akses

Rubio, Clinton, Favorit Awal Pilpres AS 2016


Senator AS Marco Rubio (kanan) dan Hillary Clinton dinilai favorit untuk menjadi kandidat Presiden pada pemilu AS tahun 2016 (foto: dok).

Senator AS Marco Rubio (kanan) dan Hillary Clinton dinilai favorit untuk menjadi kandidat Presiden pada pemilu AS tahun 2016 (foto: dok).

Senator AS dari partai Republik Marco Rubio dan mantan Menlu AS Hillary Clinton dinilai favorit untuk menjadi kandidat Presiden pada pemilu AS tahun 2016.

Sebuah survei opini publik menunjukkan Senator Republik Marco Rubio memimpin sekelompok besar kontestan untuk nominasi presiden partai itu tahun 2016.

Sebuah jajak pendapat yang dirilis hari Kamis oleh Quinnipiac University mendapati anggota Senat masa jabatan pertama dari negarabagian Florida itu menarik 15 persen pemilih terdaftar Partai Republik, diikuti oleh mantan Gubernur Florida Jeb Bush dengan 13 persen dan Gubernur Wisconsin Scott Walker dengan 11 persen. Baik Bush maupun Walker belum secara resmi menyatakan diri untuk mengikuti persaingan untuk menjadi presiden Amerika itu.

Jajak pendapat itu juga menunjukkan Rubio lebih unggul dibanding calon-calon lainnya dari Partai Republik untuk bersaing melawanHillary Clinton yang kemungkinan akan menjadi calon Partai Demokrat dalam pertarungan pemilihan presiden. Senator Rubio berada di dua persen di belakang mantan menteri luar negeri itu, yakni 45-43 persen.

Hillary Clinton jauh memimpin di depan para tokoh Demokrat yang kemungkinan akan mencalonkan diri, termasuk Wakil Presiden Joe Biden, Senator Vermont Bernie Sanders dan mantan Gubernur Maryland Martin O'Malley.

XS
SM
MD
LG