Tautan-tautan Akses

Pesawat Antariksa Rosetta Akan Ditabrakkan ke Komet


Gambar animasi yang memperlihatkan Philae memisahkan diri dari Rosetta dan turun ke permukaan komet 67P/Churyumov-Gerasimenko. (Foto: Dok)

Gambar animasi yang memperlihatkan Philae memisahkan diri dari Rosetta dan turun ke permukaan komet 67P/Churyumov-Gerasimenko. (Foto: Dok)

Salah satu penemuan awal misinya adalah mencatat adanya molekul-molekul oksigen di komet itu.

Pesawat antariksa Rosetta telah berfungsi dengan baik selama 12 tahun untuk mengumpulkan data tentang terciptanya sistem tata surya kita, dan hari Jumat ini (30/9) ia akan menabrak komet 67P/Churyumov-Gerasimenko yang sedang melayang kira-kira 730 juta kilometer dari bumi.

Rosetta diluncurkan oleh Badan Antariksa Eropa tahun 2004 dan akan mengakhiri misinya dengan menabrak komet Gerasimenko tadi pukul 10.40 waktu GMT hari Jumat. Bagian dari pesawat Rosetta, yang disebut Philae mendarat di komet itu tahun 2014 lalu.

Data yang dikumpulkan oleh pesawat itu telah menjelaskan komposisi komet-komet dan memberi gambaran tentang bagaimana terbentuknya sistem matahari kita. Komet-komet adalah sisa-sisa pembentukan sistem matahari.

Salah satu penemuan awal misinya adalah mencatat adanya molekul-molekul oksigen di komet itu, yang bisa mengarahkan para peneliti dalam usaha mereka mencari bentuk-bentuk kehidupan di luar bumi.

Rosetta telah mengambil lebih dari 80.000 foto komet itu, dan akan terus memotret komet tadi sambil meluncur untuk pelintasan yang terakhir dengan komet itu.

Pesawat Rosetta juga menemukan adanya air di komet tadi, tapi bukan air yang sama seperti yang ada di Bumi, menurut para ahli. Namun penemuan lain yang lebih besar mungkin belum terungkap, karena para peneliti di Universitas Bern di Swiss belum selesai mempelajari semua data yang dihimpun oleh Rosetta. [isa/sp]

XS
SM
MD
LG