Tautan-tautan Akses

AS

Romney Menangkan 3 Pemilihan Pendahuluan Partai Republik


Kandidat capres partai Republik dan mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney menyampaikan pidatonya di Milwaukee, Wisconsin (3/4).

Kandidat capres partai Republik dan mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney menyampaikan pidatonya di Milwaukee, Wisconsin (3/4).

Mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney memenangkan pemilihan pendahuluan kontestan calon Presiden dari partai Republik di Washington DC, Maryland di bagian timur Amerika dan negara bagian Wisconsin di bagian tengah Amerika, Selasa (3/4).

Jaringan televisi Amerika memperkirakan mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney memenangkan ke-3 pemilihan pendahuluan kontestan calon Presiden dari partai Republik, Selasa (3/4) di Washington DC, Maryland di bagian timur Amerika dan negara bagian Wisconsin di bagian tengah Amerika.

Kemenangan tersebut memperdekatnya satu langkah untuk memperoleh cukup delegasi untuk menjadi pilihan partai Republik untuk menghadapi Presiden Barack Obama, seorang Democrat, dalam pemilu bulan November.

Romney sudah mempunyai kira-kira separuh delegasi yang dibutuhkan untuk menjadi calon presiden. Ia juga telah mendapat dukungan dari tokoh-tokoh utama partai Republik seperti mantan Presiden George H.W. Bush.

Tetapi, para penantang Romney – Rick Santorum, Newt Gingrich, dan Ron Paul – tidak memberi tanda-tanda akan mengundurkan diri dari pencalonan. Santorum, seorang bekas Senator Amerika dari Pennsylvania, berharap pemilihan pendahuluan di negara bagian asalnya nanti bulan ini akan memberinya kekuatan yang sangat dibutuhkannya.

Ia mengatakan kepada para pendukungnya di Pennsylvania, Selasa malam (3/4) bahwa proses pemilihan kontestan calon presiden dari partai Republik masih pada pertengahan jalan dan mengatakan ia berencana untuk berkampanye lebih kuat dalam proses paruh kedua.

Sementara itu, Presiden Obama sudah mengantisipasi bakal pesaingnya dalam pemilihan presiden bulan November yakni Romney. Dalam pidatonya kepada para pimpinan suratkabar hari Selasa, Obama mengecam rancangan anggara negara yang dibuat oleh partai Republik dan didukung oleh Romney, dengan mengatakan anggaran tersebut akan mengenakan visi radikal terhadap negara.
XS
SM
MD
LG