Tautan-tautan Akses

AS

Romney Menang Lagi di 5 Negara Bagian


Kandidat Presiden AS dari Partai Republik, Mitt Romney dan istrinya, Ann, di Manchester (24/4).

Kandidat Presiden AS dari Partai Republik, Mitt Romney dan istrinya, Ann, di Manchester (24/4).

Mitt Romney dengan mudah telah memenangkan pemilihan pendahuluan di negara-negara bagian timur laut Amerika, Connecticut, Delaware dan Rhode Island, Pennsylvania, dan New York.

Kandidat calon presiden dari Partai Republik Mitt Romney memusatkan perhatiannya pada pemilihan umum bulan November dan kepada Presiden Amerika Barack Obama, setelah secara efektif menjamin pencalonan partainya dengan kemenangan pemilu pendahuluan di lima negara bagian hari Selasa.

Dalam pidato kemenangan di New Hampshire, Romney mengatakan kepada pendukungnya bahwa Presiden Obama telah gagal memperbaiki ekonomi negara, yang berjuang dengan tingkat pengangguran yang terus menerus tinggi sejak resesi melanda seluruh dunia tahun 2008. Romney menyatakan bahwa “Amerika yang lebih baik berawal nanti malam”.

Mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney mengklaim pencalonan partai Republik setelah masa pemilu pendahuluan yang cukup lama. Jalan ke arah pencalonan Mitt Romney lancar ketika saingan kuatnya, mantan Senator Amerika Rick Santorum mengundurkan diri dari pemilihan dua minggu lalu.

Romney memasuki pemilu pendahuluan hari Selasa dengan paling sedikit memperoleh 695 dari 1.144 delegasi yang diperlukan untuk memenangkan pencalonan, jauh di depan Rick Santorum dan dua saingan lainnya, mantan ketua DPR Newt Gingrich dan anggota Kongres Ron Paul.

Newt Gingrich mengatakan pekan ini bahwa dia akan mengundurkan diri dari persaingan kalau dia kalah dalam pemilihan pendahuluan di Delaware, tetapi dia mengatakan kepada para pendukungnya di North Carolina hari Selasa bahwa dia akan melanjutkan kampanyenya hingga konvensi nasional partai Republik di Tampa Florida.

Gingrich mengatakan, dia ingin partai Republik memperjuangkan isu sosial seperti hak untuk memiliki senjata, ketidaktergantungan Amerika pada energi, dan larangan pernikahan sesama jenis.

Presiden Barack Obama akan mempunyai cukup delegasi untuk memperoleh pencalonan dari partai Demokrat setelah pemilihan pendahuluan hari Selasa. Ia tidak menghadapi penantang dalam partainya tahun ini.

Obama memulai kunjungan dua hari Selasa ke kampus-kampus perguruan tinggi di North Carolina, Colorado dan Iowa, mempromosikan rencananya untuk mengupayakan biaya kuliah yang kurang mahal.

Presiden menghendaki Kongres memperpanjang undang-undang yang akan habis masa berlakunya bulan Juli, untuk mencegah naiknya suku bunga pinjaman biaya kuliah.

Romney, yang telah mempertanyakan apa yang telah dilakukan Presiden bagi kaum muda sejak menjadi presiden, juga telah mendukung perpanjangan undang-undang itu.
XS
SM
MD
LG