Tautan-tautan Akses

AS

Romney Serukan Penurunan Bendera Konfederasi di Columbia


Bendera kondererasi berkibar di gedung Capitol kota Columbia, S.C., 19 Juni 2015.

Bendera kondererasi berkibar di gedung Capitol kota Columbia, S.C., 19 Juni 2015.

Kandidat presiden AS Mitt Romney menuntut agar negara bagian South Carolina menurunkan bendera konfederasi yang berkibar di gedung Capitol di kota Columbia.

Dalam pernyataan Sabtu (20/6), Romney, calon presiden AS tahun 2012 dari partai Republik, menyebutnya “simbol kebencian rasial.” Di jaringan sosial Twitter dia menulis: Turunkan sekarang untuk menghormati (tanda pagar) korban Charleston.”

Pernyataan Romney itu adalah yang pertama mengenai bendera yang memecah belah itu dari seorang kandidat Republik terkemuka sejak pembantaian sembilan pemimpin gereja kulit hitam di Charleston hari Rabu.

Pernyataan itu dianggap sebagai tekanan yang semakin meningkat terhadap kandidat Republik lain untuk menghadapi isu ras dan simbolisme yang telah lama mengusik partai itu dan memecah negara bagian di selatan sejak berakhirnya perbudakan 150 tahun lalu.

Lewat Facebook, kandidat Jeb Bush, mantan gubernur negara bagian Florida, hari Sabtu mengatakan pemerintahan negara bagiannya menurunkan bendera itu dari gedung Capitol setelah dia menjabat pada tahun 2001.

Kandidat Demokrat Hillary Clinton belum menanggapi isu ini sejak pembunuhan tersebut. Tetapi dia menyerukan penurunan bendera itu dalam kampanye presidennya pada tahun 2007.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG