Tautan-tautan Akses

AS

Romney Raih Dukungan Penuh Utah dalam Nominasi Capres


Capres Partai Republik, Mitt Romney (Foto: dok).

Capres Partai Republik, Mitt Romney (Foto: dok).

Mitt Romney mengantongi lebih dari 93 persen suara di Utah, negara bagian terakhir yang menyelenggarakan pemilu pendahulan pencalonan Capres partai Republik.

Rangkaian kegiatan penentuan calon presiden Partai Republik di tingkat negara bagian berakhir pada hari Selasa (26/6) di Utah, negara bagian terakhir yang mengadakan pemilihan pendahuluan untuk memperebutkan 40 delegasi dalam konvensi yang akan secara resmi memastikan pencalonan Mitt Romney sebagai penantang Presiden Obama dari Partai Republik.

Walaupun Mitt Romney telah mengumpulkan jumlah delegasi lebih dari yang dibutuhkan untuk mengamankan nominasi, pemilihan terakhir itu masih dianggap penting untuk menghilangkan segala keraguan dan menggenapkan dukungan bagi Mitt Romney dalam kontes internal terakhir partai itu.

Hasil pemilihan di negara bagian yang mayoritas penduduknya penganut Mormon itu menunjukkan Romney berhasil mengantongi lebih dari 93 persen suara. Romney, seorang pemeluk Mormon yang pernah memiliki rumah mewah dan menjadi CEO Olimpiade di negara bagian itu mendapat dukungan luar biasa dalam sejarah percaturan politik negara bagian Utah selama ini.

Mitt Romney sendiri hampir tidak melakukan kampanye di Utah, tapi para pemilih di negara bagian itu masih ingat kualitas kepemimpinannya dalam pesta Olimpiade Musim Dingin tahun 2002. Mereka percaya Romney akan bisa melakukan reformasi yang masuk akal untuk mengembalikan Amerika ke jalur yang benar dan bisa meraih kembali masa kejayaan ekonominya.

Hari Selasa, Mitt Romney berkampanye di Virginia, salah satu negara bagian di mana kecenderungan suara pemilih sulit diramalkan, sementara Presiden Barack Obama berkampanye di Georgia dan Florida.

Meskipun ekonomi tetap menjadi isu nomor satu dalam kampanye kedua kubu, di Salem, Virginia, hari Selasa Mitt Romney memberikan tinjauan tentang program layanan kesehatan usulannya, dua hari sebelum Mahkamah Agung memutuskan apakah undang-undang jaminan kesehatan Presiden Obama tidak melanggar konstitusi.

Di depan pendukungnya di sebuah pabrik pembuat mesin ia mengatakan, Romney kembali menyatakan kritik defisit anggaran yang besar selama pemerintahan Obama. “Kita tidak mengatakan, kita perlu pergi ke Tiongkok dan pinjam uang yang tidak bisa kita bayar tapi yang nantinya harus dibayar oleh anak-anak kita. Saya akan membuat anggaran yang seimbang dengan pengeluaran yang tidak akan lebih besar dari pendapatan,” kata Romney.

Sementara itu, dalam penggalangan dana di Atlanta hari Selasa, Obama menyatakan kritikannya terhadap Romney dan kembali mengatakan bahwa undang-undang jaminan kesehatan itu sangat penting untuk memperluas cakupan layanan kesehatan bagi jutaan warga Amerika dan mencegah tindakan diskriminasi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan asuransi terhadap orang-orang yang telah menderita sakit sebelumnya.

“Saya percaya bahwa memastikan lebih dari tiga juta pemuda dan pemudi bisa tetap ikut dalam program asuransi orang tua mereka dan memastikan bahwa setiap orang di negara ini mendapat layanan kesehatan yang baik dan tidak bangkrut karena sakit adalah sesuatu yang benar. Jadi, kita tidak perlu mempersoalkan kembali undang-undang jaminan kesehatan. Ini adalah hal yang tepat yang kita lakukan,” kata Presiden Obama.

Setelah berkampanye di Georgia dan Florida hari Selasa, Presiden Obama direncakkan akan menggencarkan kampanyenya minggu depan dengan menggunakan kendaraan bis ke negara bagian Pennsylvania dan Ohio, untuk menghadiri acara-acara penggalangan dana dan temu pendukung.

Perjalanan dengan bis itu merupakan yang pertama dalam kampanye Obama tahun 2012 ini. Ohio dan Pennsylvania dianggap krusial bagi upaya pemilihan kembali dirinya.

Obama memenangkan kedua negara bagian itu tahun 2008, tetapi Mitt Romney, penantangnya dari Partai Republik diperkirakan akan mendapat dukungan kuat di kedua negara bagian itu.
XS
SM
MD
LG