Tautan-tautan Akses

Romney: Saya Bayar Sedikitnya 13 Persen Pajak Pendapatan


Mitt Romney dalam sebuah konferensi pers di Greer, South Carolina, Kamis (16/8).

Mitt Romney dalam sebuah konferensi pers di Greer, South Carolina, Kamis (16/8).

Pernyataan Mitt Romney tersebut merupakan balasan atas tuduhan Senator Harry Reid bahwa Romney tidak membayar pajak dalam beberapa tahun terakhir.

Kandidat presiden Amerika dari Partai Republik mengatakan ia telah membayar tidak kurang dari 13 persen dari penghasilannya untuk pajak federal selama 10 tahun terakhir.

Berbicara kepada wartawan di South Carolina, Mitt Romney mengatakan telah memeriksa formulir pajaknya dalam satu dasawarsa terakhir dan ia telah membayar "setidaknya" 13 persen pajak pendapatannya setiap tahun.

Awal bulan ini, Senator Harry Reid dari Nevada, yang memimpin mayoritas Partai Demokrat di Senat Amerika, mengklaim Romney tidak pernah membayar pajak dalam beberapa tahun, mungkin dengan menggunakan suaka pajak dan celah lainnya. Reid tidak memberikan bukti atas tuduhan tersebut.

Romney hari Kamis membantah tuduhan Reid tersebut. "Tuduhan Harry Reid salah besar, ujarnya. "Saya menunggu Harry mengumumkan siapa yang memberitahunya. Saya tidak percaya sama sekali. Tapi setiap tahun saya membayar minimal 13 persen, dan jika ditambah dengan jumlah lain yang masuk ke kas amal, jumlahnya lebih dari 20 persen."

Pada bulan Januari, Romney merilis formulir pajaknya tahun 2010 dan ringkasan pajak yang ia bayar tahun 2011. Dia menolak untuk merilis formulir pajak tahun-tahun lainnya.

Formulir pajak tahun 2010 menunjukkan bahwa ia membayar 13,9 persen pajak federal dari penghasilannya.
XS
SM
MD
LG