Tautan-tautan Akses

Romney Ejek Tiongkok Soal Medali Olimpiade dan Program Antariksa


Kandidat presiden AS dari Partai Republik Mitt Romney (kanan) bersama kandidat wakil presiden Paul Ryan. (Foto: Reuters)

Kandidat presiden AS dari Partai Republik Mitt Romney (kanan) bersama kandidat wakil presiden Paul Ryan. (Foto: Reuters)

Romney menyombongkan kesuksesan tim Olimpiade Amerika dan mengejek rencana Tiongkok untuk mengirim roket tak berawak ke bulan.

Kandidat presiden Amerika dari Partai Republik Mitt Romney meneruskan ucapan kerasnya mengenai Tiongkok pada Senin (13/8), mengejek rencana Tiongkok untuk mengirim roket tak berawak ke bulan.

Dalam pidato kampanye di negara bagian Florida, Romney juga menyombongkan kesuksesan tim Olimpiade Amerika yang meraih 16 medali lebih banyak ketimbang Tiongkok yang menempati urutan kedua.

Selama kampanyenya, Romney mengambil sikap keras seputar isu peka dalam hubungan Amerika-Tiongkok termasuk perselisihan mengenai perdagangan, hak cipta dan nilai tukar mata uang.

Tiongkok menyebut pernyataan itu sebagai tidak bertanggung jawab dan dimotivasi oleh ambisi politik dan mengatakan pernyataan seperti itu bisa merusak hubungan antara dua perekonomian terbesar di dunia.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG