Tautan-tautan Akses

Roket Pengirim Kargo Stasiun Antariksa Meledak Saat Peluncuran


Roket Antares yang membawa kargo untuk stasiun antariksa (ISS) meledak saat peluncuran di pulau Wallops, lepas pantai Atlantik Selasa petang (28/10).

Roket Antares yang membawa kargo untuk stasiun antariksa (ISS) meledak saat peluncuran di pulau Wallops, lepas pantai Atlantik Selasa petang (28/10).

Roket milik swasta itu baru saja lepas landas ketika meledak hari Selasa (28/10) petang di pulau Wallops, di lepas pantai Atlantik.

Sebuah roket komersil tak berawak yang seharusnya mengirim pesawat kargo ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS) meledak hanya beberapa detik setelah diluncurkan dari sarana peluncuran NASA di Virginia.

Roket milik swasta itu baru saja lepas landas ketika meledak tidak lama setelah matahari terbenam Selasa (28/10) petang di pulau Wallops, di lepas pantai Atlantik.

Tidak ada awak dalam roket Antares itu dan tidak ada orang di darat yang mengalami cedera, tetapi NASA mengatakan ada kerusakan besar terhadap kendaraan dan kargo.

Roket itu dibuat oleh Orbital Sciences Corporation. Roket itu membawa satu pesawat kargo yang memuat lebih dari dua ton pangan, eksperimen, dan perbekalan kebutuhan lain untuk stasiun antariksa.

Orbital Sciences adalah satu dari dua perusahaan swasta yang dikontrak NASA untuk menerbangkan pesawat kargo ke orbit setelah armada stasiun antariksa itu dipensiunkan tahun 2011.

Peluncuran itu telah ditangguhkan dari Senin setelah satu perahu kecil berlayar memasuki kawasan keselamatan peluncuran roket itu.

XS
SM
MD
LG