Tautan-tautan Akses

Rodman Kembali dari Kunjungan ke Korea Utara


Mantan bintang NBA Dennis Rodman dan penerjemahnya (kanan) pada sebuah acara latihan basket di Pyongyang (20/12).

Mantan bintang NBA Dennis Rodman dan penerjemahnya (kanan) pada sebuah acara latihan basket di Pyongyang (20/12).

Dennis Rodman berada di Pyongyang untuk melatih para pemain lokal untuk sebuah pertandingan eksibisi bulan depan, bertepatan dengan ulang tahun Kim Jong Un.

Bintang bola basket AS yang sudah pensiun Dennis Rodman telah tiba di Beijing setelah kunjungannya ke Korea Utara. Dalam kunjungan kali ini, ia tidak bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Walaupun begitu, mantan bintang NBA ini mengaku tidak kecewa, mengatakan kepada reporter, Senin, "Saya tidak khawatir. Saya akan bertemu ia lagi (lain kali)."

Rodman berada di Pyongyang untuk melatih para pemain lokal untuk sebuah pertandingan eksibisi bulan depan, bertepatan dengan ulang tahun Kim Jong Un.

Dalam kunjungan-kunjungan sebelumnya, Rodman yang terkenal eksentrik bertemu dengan Kim, yang Rodman sebut sebagai "teman seumur hidup" dan seorang "laki-laki yang baik." Rodman adalah figur publik non-politik satu-satunya dari Amerika yang pernah bertemu dengan pemimpin muda Korea Utara itu.

Departemen Luar Negeri AS tidak terlibat dengan aktivitas Rodman di Korea Utara dan telah menyatakan bahwa Rodman tidak mewakili pemerintah Amerika Serikat.

Rodman mengatakan ia berharap kunjungan-kunjungannya dapat meyakinkan Presiden Barack Obama untuk berdialog dengan pemimpin Korea Utara, yang tahun lalu mengancam akan menyerang target-target di Amerika dengan senjata nuklir.

Bintang bola basket itu dikritik banyak kalangan karena ia menolak untuk mengungkit masalah pelanggaran HAM dengan pemerintah Korea Utara, rezim yang dianggap sering menindas rakyatnya sendiri.
XS
SM
MD
LG