Tautan-tautan Akses

Rodman akan Adakan Pertandingan Persahabatan di Korea Utara


Mantan bintang NBA Dennis Rodman (kiri) dan rombongannya tiba di bandar udara internasional Pyongyang, Korea Utara (6/1). (AP/Kim Kwang Hyon)

Mantan bintang NBA Dennis Rodman (kiri) dan rombongannya tiba di bandar udara internasional Pyongyang, Korea Utara (6/1). (AP/Kim Kwang Hyon)

Rodman mengatakan ingin berhubungan dengan rakyat Korea Utara dan supaya orang lain tahu negara komunis yang terisolasi itu tidak buruk.

Mantan bintang bola basket Amerika Dennis Rodman telah tiba di Pyongyang dengan tim 12 orang mantan pemain NBA termasuk Vin Baker dan Cliff Robinson untuk “diplomasi bola basket” dengan mengadakan pertandingan eksibisi untuk menghormati ulang tahun pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Kegiatan ini mengundang banyak kritik dari para pejabat Amerika.

Sebelum meninggalkan Beijing hari Senin (6/1), Rodman mengatakan kepada wartawan di bandara bahwa ia tidak berniat untuk membicarakan catatan hak asasi manusia Korea Utara selama kunjungannya, dan mengatakan bahwa Kim adalah "orang yang baik" dan seorang "teman."

”Ini adalah usaha menghubungkan dua negara di dunia, dan supaya orang mengetahui bahwa tidak setiap negara di dunia sangat buruk, terutama Korea Utara,” kata Rodman.

Rodman, melakukan kunjungan keempatnya ke Pyongyang, setelah kunjungan terakhirnya bulan lalu ke Korea Utara untuk melatih pemain Korea Utara. Dia tidak bertemu Kim dalam kunjungan itu.

Rodman telah dipersalahkan karena tidak membicarakan keadaan hak asasi manusia di Korea Utara, yang digambarkan sebagai salah satu yang terburuk di dunia oleh para aktivis, Departemen Luar Negeri Amerika dan para pembelot dari Korea Utara.
XS
SM
MD
LG