Tautan-tautan Akses

Robot Humanoid Pertama Bicara dari Stasiun Antariksa


Fuminori Kataoka, manajer proyek humanoid dari Toyota berbicara dengan robot Kirobo (foto: dok). Kirobo dikirim ke stasiun antariksa (ISS) dan berbicara dari sana.

Fuminori Kataoka, manajer proyek humanoid dari Toyota berbicara dengan robot Kirobo (foto: dok). Kirobo dikirim ke stasiun antariksa (ISS) dan berbicara dari sana.

Robot humanoid pertama yang dapat berbicara telah mengucapkan kata-katanya yang pertama di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) hari Kamis (5/9).

Rekaman video yang dilansir hari Kamis menunjukkan robot bernama Kirobo itu mengapung di dalam sebuah kompartemen stasiun antariksa dan mengatakan: “Tanggal 31 Agustus 2013. Ini adalah langkah pertama untuk robot menuju impian masa depan.”

Kirobo yang bentuknya seperti anak-anak diluncurkan dari Pusat Antariksa Tanegashima, kawasan Kagoshima, tanggal 4 Agustus dengan pengangkut kargo antariksa yang dibawa roket HII-B.

Kalau robot konvensional di antariksa biasanya ditugasi dengan operasi atau perawatan mesin, tugas Kirobo adalah menemani astronot Jepang Koichi Wakata di stasiun antariksa.

Wakata dijadwalkan tiba di stasiun antariksa bulan November, dan akan melakukan riset mengenai percakapan dengan Kirobo.

Sementara itu, kembaran Kirobo di darat, Mirata, pekan ini melakukan perjalanan pertama keluar Jepang, ke Buenos Aires bersama panitia untuk memboyong Olimpade ke Tokyo. Komite Olimpiade Internasional akan melakukan pemungutan suara untuk memilih antara Tokyo, Madrid, dan Istambul sebagai tuan rumah Olimpiade tahun 2020.

Nama Kirobo diambil dari dua kata Jepang yang artinya “Harapan” dan “Robot,” sementara “Mirata” artinya “masa depan.”
XS
SM
MD
LG