Tautan-tautan Akses

Riwayat Hidup Kim Jong Un Masih Merupakan Teka-Teki


Kim Jong Un (tengah) memberikan penghormatan di depan jenazah ayahnya (26/12). Riwayat hidup Kim Jong Un yang pasti tidak banyak diketahui oleh media Barat.

Kim Jong Un (tengah) memberikan penghormatan di depan jenazah ayahnya (26/12). Riwayat hidup Kim Jong Un yang pasti tidak banyak diketahui oleh media Barat.

Pemimpin baru Korut, Kim Jong Un, diyakini berusia sekitar 28 tahun, namun tanggal kelahiran, ibu dan status pernikahannya tidak diketahui.

Pewaris Kim Jong Il, puteranya yang ketiga Kim Jong Un, naik cepat ke puncak kekuasaan di Korea Utara sejak dijadikan jenderal berbintang empat setahun lalu. Tetapi ia malah merupakan teka-teki yang lebih besar dibanding mendiang ayahnya.

Kim Jong Un diyakini berusia sekitar 28 tahun. Tanggal kelahiran, ibu dan status pernikahannya tidak diketahui. Ia diyakini bisa berbicara dalam beberapa bahasa – termasuk Inggris dan Jerman – dan dikatakan telah menempuh pendidikan di Swiss, dan di Universitas Kim Il Sung di Korea Utara.

Kim Jong Un diyakini trampil menggunakan komputer dan berbagai bentuk teknologi lainnya. Ia juga digambarkan sebagai juru masak keluarga sejak lama, dan dalam sebuah memoar disebut kompetitif dan kejam.

Kim Il Sung memperkenalkan Kim Jong Un sebagai penggantinya setahun lalu, dengan mengangkatnya ke berbagai jabatan puncak dalam pemerintahan. Dalam setahun terakhir ini, Kim Jong Un secara reguler mendampingi ayahnya dalam sejumlah perjalanan ke seluruh pelosok negara itu. Ia membangun pengaruh politiknya dengan terlibat dalam kebijakan dalam dan luar negeri, dan mendapatkan sebuah jabatan dalam Partai Pekerja yang berkuasa.

Kim Jong Un diperkenalkan kepada dunia tahun lalu dalam sebuah parade militer besar-besaran memperingati 65 tahun berkuasanya Partai Pekerja, dengan memberi tanda hormat kepada para tentara disisi ayahnya – dalam penampilan yang ditayangkan secara langsung oleh media internasional.

Sejak kematian ayahnya pada 17 Desember lalu, media resmi Korea Utara telah memuji kredensial kepemimpinan Kim Jong Un, dengan mengumumkan bahwa ia telah ditunjuk pada posisi tertinggi dalam partai komunis yang berkuasa itu.

Laporan-laporan media resmi lainnya menyebut Kim Jong Un sebagai “pemimpin tertinggi angkatan bersenjata revolusioner” dan juga sebagai “panglima tertinggi”, sebuah gelar yang juga disandang mendiang ayahnya.

XS
SM
MD
LG