Tautan-tautan Akses

AS

Ritel AS Naik, Kepercayaan Konsumen Turun


Warga AS berbelanja di salah satu supermarket di kota New York (foto: dok). Penjualan ritel AS mengalami sedikit peningkatan bulan Agustus.

Warga AS berbelanja di salah satu supermarket di kota New York (foto: dok). Penjualan ritel AS mengalami sedikit peningkatan bulan Agustus.

Penjualan ritel di Amerika mengalami sedikit peningkatan bulan Agustus tetapi laporan baru menyebutkan kepercayaan konsumen menurun.

Laporan Departemen Perdagangan hari Jumat menyebutkan harga yang dibayar konsumen naik 0,2 persen bulan Agustus, lebih kecil daripada yang diprediksi banyak pakar ekonomi.

Kemudian, survei bulanan sentimen konsumen oleh Thomson Reuters dan University of Michigan) turun bulan ini ke titik terendah sejak April. Direktur survei itu, Richard Curtin, mengatakan konsumen Amerika khawatir terhadap kenaikan suku bunga dan laju pertumbuhan lapangan pekerjaan.

Para investor mencermati belanja rumahtangga Amerika karena permintaan konsumen menggerakkan sekitar 70 persen aktivitas ekonomi Amerika.

Laporan lain pemerintah menyebutkan harga-harga yang dibayar kepada produsen barang-barang naik 0,3 persen, dan menunjukkan tidak ada kenaikan di luar sektor pangan dan energi yang mudah berubah-ubah.

Indeks Harga Produsen ini bisa menjadi bukti bahwa inflasi pada masa mendatang masih bisa dikendalikan. Laporan-laporan tersebut merupakan bagian dari data yang akan ditelaah pejabat-pejabat Bank Sentral Amerika hari Selasa dan Rabu mendatang, pada waktu mereka mempertimbangkan kemungkinan perubahan dalam upaya merangsang perekonomian.

Berbagai upaya bank sentral mempertahankan suku bunga tetap rendah dimaksudkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi setelah resesi terburuk dalam puluhan tahun. Jajak pendapat Gallup menunjukkan kepercayaan konsumen membaik setelah krisis terburuk itu, tetapi banyak warga Amerika masih khawatir akan kehilangan pekerjaan.
XS
SM
MD
LG