Tautan-tautan Akses

Rio Yakinkan IOC Olimpiade 2016 Sesuai Jadwal


Walikota Rio de Janeiro Eduardo Paes melambaikan bendera Olimpiade pada penutupan Olimpiade 2012 di London. Rio akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2016 (foto: dok),

Walikota Rio de Janeiro Eduardo Paes melambaikan bendera Olimpiade pada penutupan Olimpiade 2012 di London. Rio akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2016 (foto: dok),

IOC khawatir bahwa persiapan olimpiade 2016 ‘sangat terancam’ akibat berbagai penundaan dalam pembangunan, kurangnya kamar hotel dan aneka masalah terkait.

Komite Penyelenggara Olimpiade Rio 2016 berusaha meyakinkan team inspektur Komite Olimpiade Internasional (IOC), bahwa meskipun semua persiapan dan pekerjaan ke arah menyiapkan sarana olimpiade itu dimulai lambat dan belakangan diketahui adanya masalah penundaan, akomodasi dan transportasi, semua berjalan sesuai rencana dan siap pada waktunya.

Komisi Kordinasi IOC yang melakukan inspeksi dan dipimpin bekas juara lari gawang Nawal El Moutawakel akan menyelesasikan inspeksinya hari Senin. Dan ini adalah inspeksi mereka yang ke-lima kalinya ke Brazil untuk melihat kemajuan yang dicapai dalam persiapan olimpiade itu.

Suratkabar yang luas sirkulasinya di Brazil, O Estado de Sao Paulo dengan mengutip dari yang disebutnya dokumen rahasia IOC memberitakan hari Sabtu bahwa tahap-tahap persiapan olimpiade itu ‘sangat terancam’ akibat berbagai penundaan dalam pembangunan, kurangnya kamar hotel dan aneka masalah terkait.

Tidak dikatakan bagaimana suratkabar itu memperoleh dokumen dimaksud, tetapi dikatakan sejauh ini baru separoh dari proyek olimpiade itu yang sesuai jadwal.

IOC menilai kemajuan dalam tiga kategori : lampu merah, lampu kuning, dan lampu hijau. Dan IOC mengenakan lampu merah pada pekerjaan infrastruktur olimpiade Rio yang artinya lambat dari jadwalnya.

Brazil menghabiskan 13,3 miliar dolar umumnya uang negara untuk Piala Dunia tahun depan. Komite Penyelenggara Olimpiade setempat diduga akan mengumumkan anggaran pengeluarannya beberapa bulan ke depan. Dan pengeluaran uang negara untuk itu bisa serupa atau bahkan lebih besar dari anggaran Piala Dunia.
XS
SM
MD
LG