Tautan-tautan Akses

Ringling Brothers and Barnum & Bailey, Sirkus Tertua di Amerika


Badut dan pengisi acara lainnya dalam sirkus sedang menunjukkan kebolehannya di panggung menghibur penonton (foto: dok).

Badut dan pengisi acara lainnya dalam sirkus sedang menunjukkan kebolehannya di panggung menghibur penonton (foto: dok).

Dibentuk lebih dari seabad lalu, perusahaan sirkus AS, Ringling Brothers and Barnum & Bailey masih mempertahankan tradisinya. Bagaimana kehidupan sehari-hari para pemain sirkus itu?

Berdiri sejak tahun 1907, Ringling Brothers and Barnum & Bailey adalah perusahaan sirkus tertua di Amerika yang hingga kini masih beroperasi.

Jonathan Iverson adalah pemimpin sirkus Ringling Brothers and Barnum & Bailey. Sebelumnya, ia berprofesi sebagai penyanyi opera. Ia memilih untuk bergabung dengan sirkus itu karena tertarik pada sejarah dan slogan perusahaan itu yang mengukuhkan sebagai “The Greatest Show on Earth’ atau pertunjukkan terbaik di dunia.

Bagi Iverson, salah satu hal yang menarik lainnya adalah, sirkus itu memiliki kereta api dengan rangkaian gerbong terpanjang di dunia, yaitu, 60 gerbong kereta untuk membawa 350 pemain sirkus, staf dan hewan-hewan melintasi seluruh wilayah Amerika. Panjang keseluruhan rangkaian gerbong kereta itu mencapai satu setengah kilometer.

Seekor gajah sirkus tampak keluar dari pintu kereta yang dipakai oleh sirkus Ringling Brothers untuk melakukan tour keliling Amerika (foto: dok).

Seekor gajah sirkus tampak keluar dari pintu kereta yang dipakai oleh sirkus Ringling Brothers untuk melakukan tour keliling Amerika (foto: dok).

Iverson menempati satu gerbong kereta bersama isteri dan dua anaknya. Mereka melakukan aktivitas rutin di dalam gerbong tersebut, seperti memasak, mencuci baju, mandi dan sebagainya.

Bagi Iverson, kehidupan yang demikian sangat menyenangkan, seperti liburan singkat saja setiap minggu.Mereka dapat melihat alam Amerika yang indah saat kereta tersebut berkeliling selama 11 bulan dalam satu tahun.

Di tengah-tengah rangkaian 32 gerbong kereta itu terdapat sebuah gerbong yang digunakan untuk bersosialisasi. Gerbong itu mempunyai dapur dan ruang makan. Gerbong itu disebut sebagai Pie Car.

Kereta itu juga memiliki seorang juru masak, Michael Vaughan. Ia dibantu oleh enam staf dalam memasak. Bagi Vaughan, hal ini seperti memasak untuk satu keluarga besar saja. Seluruh pemain sirkus, staf juga ikut membantu memasak. Intinya, mereka semua saling membantu seperti layaknya satu keluarga besar.

Selain juru masak, sirkus itu juga menyediakan seorang tenaga pengajar untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi anak-anak yang tinggal di sirkus. Menurut Manna Kettles, guru yang mengajar anak-anak tersebut, kemampuan anak-anak didiknya melebihi sebagian kemampuan murid di sekolah umum. Ini dikarenakan mereka belajar dalam kelompok-kelompok kecil. Ia bahkan dapat mengajar secara perorangan dengan muridnya.

Salah satu murid Kettels adalah Sofia Petrov yang berusia tujuh tahun dan berasal dari Hungaria. Petrov senang bersekolah di lingkungan sirkus itu.
“Ini sangat menyenangkan. Saya dapat bertemu dengan orang-orang dari negara-negara lain,” kata Sofia Petrov.

Menurut Jonathan Iverson, rombongan kereta sirkus ini sudah seperti sebuah kota kecil namun tidak mempunyai kode pos. Bedanya latar belakang kota kecil itu selalu berubah karena mereka terus mengelilingi Amerika sepanjang tahun.

Bagi penghuni kereta sirkus, di manapun mereka berada, kereta itu sudah seperti kampung halaman sendiri.
XS
SM
MD
LG