Tautan-tautan Akses

Pejabat AS Beri Rincian Operasi Militer yang Tewaskan Osama Bin Laden


Pejabat AS Beri Rincian Operasi Militer yang Tewaskan Osama Bin Laden

Pejabat AS Beri Rincian Operasi Militer yang Tewaskan Osama Bin Laden

Operasi penangkapan bin Laden dilakukan sebuah tim kecil yang menggunakan helikopter untuk mengepung sebuah kompleks di Abbottabad, Pakistan.

Setelah pernyataan Presiden Obama mengenai tewasnya Osama bin Laden, para pejabat senior Amerika dalam briefing melalui telepon kepada wartawan memberikan rincian tambahan mengenai operasi militer yang menewaskan bin Laden, meskipun mereka menegaskan bahwa mereka tidak mau dan tidak akan memberikan banyak rincian mengenai operasi itu sendiri.

Para pejabat mendeskripsikan yang mereka sebut operasi berbahaya oleh sebuah tim kecil yang menggunakan helikopter untuk menyerang sebuah kompleks besar di Abbottabad, Pakistan, di utara Islamabad.

Dikatakan, kompleks tempat persembunyian Osama sudah berdiri selama sekitar lima tahun, dengan pengamanan berlapis termasuk tembok tebal dengan kawat berduri di atasnya, beberapa jendela, dan dua gerbang. Tidak ada saluran telepon maupun internet yang terhubung dengan kompleks ini.

Kendaraan-kendaraan pasukan keamanan diparkir di dalam kompleks tempat tinggal bin Laden, Senin (2/5).

Kendaraan-kendaraan pasukan keamanan diparkir di dalam kompleks tempat tinggal bin Laden, Senin (2/5).

Menurut pejabat tadi, Osama bin Laden berusaha melawan dan tewas dalam tembak-menembak. Tidak dijelaskan berapa lama tembak-menembak berlangsung.

Tim operasi khusus Amerika berada di dalam kompleks selama kurang dari 40 menit dan tidak bertemu dengan pihak berwajib Pakistan. Dikatakan, misi itu dirancang untuk meminimalkan kerusakan kolateral dan resiko bagi non-kombatan di dalam kompleks dan warga sipil Pakistan di kawasan itu.

Dalam tembak-menembak, menurut para pejabat, tiga lelaki dewasa tewas, yang terdiri dari dua orang yang diyakini sebagai kurir Osama bin Laden dan orang ketiga yang diyakini adalah salah satu anak lelaki Osama bin Laden.

Dari beberapa perempuan di dalam kompleks, satu di antaranya tewas karena digunakan sebagai perisai oleh seorang militan. Dua perempuan lain cedera.

Sebuah helikopter mengalami kerusakan dalam operasi ini. Dikatakan, helikopter tersebut dihancurkan demi alasan keamanan, dan para anggota tim menggunakan helikopter lain untuk meninggalkan tempat.

Tentara Pakistan berpatroli di sekitar lokasi penangkapan bin Laden di Abbottabad (2/5).

Tentara Pakistan berpatroli di sekitar lokasi penangkapan bin Laden di Abbottabad (2/5).

Menjawab pertanyaan wartawan, para pejabat mengatakan, langkah-langkah telah diambil untuk memastikan bahwa jenazah Osama bin Laden diperlakukan sesuai dengan praktek dan tradisi Islam, sesuatu yang dianggap serius oleh Amerika.

Ditanya mengenai kenyataan bahwa bin Laden ditemukan di dalam wilayah Pakistan, dan apakah ini mengukuhkan kaitan yang ada antara bin Laden dan para pejabat Pakistan, para pejabat itu mengatakan, Amerika sangat prihatin mengenai kenyataan bahwa bin Laden berada di Pakistan, dan ditambahkan, itu adalah sesuatu yang akan terus dibahas dengan pemerintah Pakistan. Para pejabat itu mengatakan bahwa Presiden Obama telah berulangkali menegaskan bahwa Amerika akan bertindak jika ada informasi tepercaya mengenai keberadaan bin Laden. Ditambahkan, para pemimpin senior Pakistan diberi briefing tidak lama setelah operasi itu mengenai tujuan dan hasilnya.

XS
SM
MD
LG