Tautan-tautan Akses

Rincian Baru Muncul Mengenai Pemboman oleh al-Shabab di Somalia


Polisi Somalia tiba di Hotel Central menyusul serangan bunuh diri di Mogadishu (20/2). (Reuters/Feisal Omar)

Polisi Somalia tiba di Hotel Central menyusul serangan bunuh diri di Mogadishu (20/2). (Reuters/Feisal Omar)

Bom pertama berasal dari bom mobil dekat masjid hotel, yang kedua dilakukan oleh pembom bunuh diri perempuan, seorang petugas hotel.

Pemerintah Somalia telah merilis rincian-rincian baru mengenai serangan al-Shabab di sebuah hotel terkenal di Mogadishu, tempat sedikitnya 25 orang tewas dan 50 lebih cedera.

Menteri Keamanan Somalia, Abdirizak Omar Mohamed mengatakan kepada VOA bahwa ledakan pertama dari dua ledakan itu berasal dari sebuah kendaraan yang dipenuhi bahan peledak dan diparkir dekat masjid Hotel Central di Mogadishu. Bom kedua dilakukan oleh pembom bunuh diri perempuan, seorang petugas hotel.

Mohamed mengatakan penyelidikan sedang dilakukan. Hari Jumat juru bicara badan keamanan Qasin Ahmed Roble mengatakan sebuah mobil yang penuh bahan peledak memasuki lingkungan hotel itu selama waktu sembahyang Jumat. Ia mengatakan pejabat sedang menanyai satpam hotel dan menyelidiki siapa yang meledakkan kendaraan itu dan bagaimana kendaraan itu diledakkan.

Hotel itu sering dikunjungi pejabat termasuk anggota parlemen dan menteri-menteri pemerintah.

Pejabat mengatakan Wakil walikota Mogadishu, Mohamed Aden Guled dan anggota parlemen Omar Ali Nor termasuk diantara yang tewas dalam serangan itu.

Diantara yang cedera termasuk wakil perdana menteri Somalia, Mohamed Omar Arte dan Menteri Perhubungan dan Penerbangan Ali Ahmed Jama Jangali.

XS
SM
MD
LG