Tautan-tautan Akses

Richardson Desak Korut Hentikan Uji Coba Senjata


Mantan Dubes AS untuk PBB, Bill Richardson (tengah) dalam salah satu kunjungannya di Pyongyang, Korea Utara (9/1).

Mantan Dubes AS untuk PBB, Bill Richardson (tengah) dalam salah satu kunjungannya di Pyongyang, Korea Utara (9/1).

Mantan Gubernur New Mexico Bill Richardson, yang memimpin kunjungan delegasi swasta AS ke Korea utara mendesak Pyongyang agar menghentikan program senjatanya.

Delegasi pimpinan Google dan para pemimpin Amerika lainnya yang mengunjungi Korea Utara mengatakan pihaknya mendesak Pyongyang agar menghentikan program senjatanya dan mengizinkan penggunaan yang lebih luas Internet dan telepon seluler.

Mantan Gubernur New Mexico Bill Richardson, yang memimpin delegasi itu, mengatakan kepada Associated Press hari Rabu kelompok itu juga telah mengusahakan perlakuan yang adil terhadap seorang warga Amerika yang ditahan di negara komunis yang terkucil itu.

Richardson, seorang mantan duta besar Amerika di PBB, dan pimpinan Google Eric Schmidt tiba di Pyongyang hari Senin dalam kunjungan empat hari yang mereka gambarkan sebagai kunjungan “kemanusiaan.”

Departemen Luar Negeri Amerika telah mengecam kunjungan itu, dan menyebut waktu kunjungan itu tidak tepat.

Kunjungan itu dilakukan setelah uji coba peluncuran roket jarak jauh Korea Utara bulan lalu – tindakan yang dikecam oleh Washington sebagai ancaman terhadap keamanan kawasan dan pelanggaran atas resolusi Dewan Keamanan PBB.
XS
SM
MD
LG