Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Warga Kamboja Sambut Jenazah Sihanouk


Ribuan warga memenuhi kompleks Istana Raja Kamboja di Phnom Penh menyambut kedatangan jenazah mantan Raja Norodom Sihanouk, Rabu (17/10).

Ribuan warga memenuhi kompleks Istana Raja Kamboja di Phnom Penh menyambut kedatangan jenazah mantan Raja Norodom Sihanouk, Rabu (17/10).

Ribuan warga Kamboja berbaris di pinggir ruas-ruas jalan di Phnom Penh, dengan harpaan bisa melihat untuk terakhir kalinya tokoh yang dikenal sebagai “Bapak-Raja”.

Jenazah mantan Raja Kamboja Norodom Sihanouk tiba di ibukota Kamboja hari Rabu. Peti jenazah yang terbuat dari emas kemudian ditempatkan pada kereta kencana berbentuk angsa, menjadi perjalanan terakhir menuju ke istana kerajaan, dimana jenazahnya akan disemayamkan selama tiga bulan.

Banyak warga Kamboja yang mengatakan mereka masih terkejut mendengar berita meninggalnya Sihanouk. Beberapa warga mengajak anak-anak mereka yang masih kecil untuk menyaksikan prosesi berkabung itu agar mereka tahu bahwa “Bapak-Raja” bukan sekedar gambar dari layar televisi.

Mantan raja yang sangat dipuja itu mulai bertahta tahun 1941 dan bolak-balik memerintah selama lebih dari 60 tahun.

Pemerintah Kamboja telah mengumumkan masa berkabung selama tujuh hari yang dimulai hari Rabu. Bendera nasional Kamboja dikibarkan setengah tiang dan semua bentuk hiburan dilarang.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG