Tautan-tautan Akses

Ribuan Warga Hong Kong Protes Serangan Terhadap Wartawan


Mantan pemimpin redaksi suratkabar Ming Pao, Kevin Lau, dipindahkan ke bangsal privat di rumah sakit Hong Kong (1/3).

Mantan pemimpin redaksi suratkabar Ming Pao, Kevin Lau, dipindahkan ke bangsal privat di rumah sakit Hong Kong (1/3).

Pihak penyelenggara demonstrasi mengatakan sekitar 13 ribu orang, termasuk wartawan, aktivis dan anggota parlemen, berdemonstrasi Minggu (2/3).

Puluhan ribu warga turun ke jalan-jalan di Hong Kong, Minggu (2/3), mengutuk serangan keji terhadap seorang mantan pemimpin redaksi sebuah suratkabar dan untuk memprotes peningkatan pengaruh pemerintah China di media.

Kevin Lau Chun-to Rabu lalu diserang oleh seorang laki-laki bersenjata parang, menyebabkan luka serius di bagian perut dan kaki, namun nyawanya bisa diselamatkan setelah menjalani pembedahan.

Polisi mengatakan belum mengetahui motif serangan itu.

Lau, mantan pemimpin redaksi suratkabar “Ming Pao” yang dikenal karena laporan-laporan investigatifnya, baru-baru ini diberhentikan dari pekerjaannya. Ia digantikan oleh seorang wartawan yang diduga pro-Beijing, memicu kekhawatiran bahwa China mungkin berupaya merongrong independendsi penerbitan.

Pihak penyelenggara demonstrasi mengatakan sekitar 13 ribu orang, termasuk wartawan, aktivis dan anggota parlemen, berdemonstrasi Minggu, meskipun polisi mengatakan jumlahnya hanya sekitar 8.600 orang.
XS
SM
MD
LG