Tautan-tautan Akses

Ribuan Unjuk Rasa di Jerman Peringati Keberadaan PEGIDA


Ribuan orang melakukan demonstrasi di Dresden, Jerman untuk mendukung PEGIDA (foto: dok).

Ribuan orang melakukan demonstrasi di Dresden, Jerman untuk mendukung PEGIDA (foto: dok).

PEGIDA, yang merupakan akronim bahasa Jerman bagi “Patriot Eropa Menentang Islamisasi Barat,” telah melakukan unjuk rasa mingguan di Dresden sejak tahun 2014.

Ribuan orang turun ke jalan di bagian timur kota Dresden, Jerman hari Minggu (16/10) memperingati dua tahun berdirinya kelompok anti-Islam dan anti-imigrasi yang disebut “PEGIDA”.

Polisi dikirim dari berbagai negara bagian lain di Jerman untuk mencegah terjadinya kerusuhan dalam acara peringatan PEGIDA itu dan dalam demonstrasi-demonstrasi kecil menentang PEGIDA. Kantor berita Jerman DPA melaporkan tidak ada insiden berarti.

Beberapa pembicara dalam acara PEGIDA itu mengecam pendekatan pemerintah Kanselir Angela Merkel dalam menangani krisis migran, dan meneriakkan “Merkel Harus Mundur”.

PEGIDA, yang merupakan akronim bahasa Jerman bagi “Patriot Eropa Menentang Islamisasi Barat,” telah melakukan unjuk rasa mingguan di Dresden sejak tahun 2014. Jumlah pemrotes mencapai sekitar 25.000 pada awal tahun lalu. Durchgezaelhlt, sebuah kelompok lokal yang menaksir jumlah pemrotes yang hadir, mengatakan bahwa unjuk rasa hari Minggu diikuti oleh sekitar 6.500 hingga 8.500 orang.

PEGIDA melahirkan beberapa gerakan serupa di beberapa daerah lain di Jerman, meski kurang berhasil. [em/ii]

XS
SM
MD
LG