Tautan-tautan Akses

Ribuan Sekolah Jepang Sajikan Daging Ikan Paus


Nelayan Jepang kembali melakukan penangkapan ikan paus untuk tujuan komersial dan menjualnya ke pemerintah kota setempat.

Nelayan Jepang kembali melakukan penangkapan ikan paus untuk tujuan komersial dan menjualnya ke pemerintah kota setempat.

Daging ikan paus telah kembali menjadi menu makan siang di sekolah-sekolah Jepang, meskipun ada larangan internasional perburuan ikan paus.

Menurut survei, para pelajar sekolah negeri Jepang makan daging ikan paus, meskipun ada larangan internasional tidak boleh menangkap ikan paus.

Survei Kantor berita Kyodo yang diumumkan hari Sabtu, mengatakan, daging ikan paus telah secara pelan-pelan kembali menjadi menu makan siang di sekolah-sekolah Jepang sejak tahun 2005.

Kyodo mengatakan, sebanyak 5.355 sekolah dari hampir 30 ribu sekolah dasar dan SMP di seluruh Jepang telah menyajikan daging ikan paus sedikitnya sekali dalam antara bulan April 2009 sampai Maret 2010. Survei itu dilakukan dari bulan Juni sampai Agustus tahun ini.

Survei Kyodo itu mengatakan, the Institute of Cetacean Research, yang melakukan program penangkapan ikan paus itu, telah menyediakan daging tersebut kepada kotapraja setempat untuk menu makan siang dengan sepertiga harga pasar.

Para aktivis anti-penangkapan ikan paus mengatakan, program penangkapan ikan paus Jepang benar-benar merupakan penangkapan ikan paus komersial dengan dalih untuk riset. Jepang sedikit-demi sedikit meningkatkan penangkapan ikan paus sejak 2005, dan akhir-akhir ini mengalami surplus daging ikan paus.

XS
SM
MD
LG