Tautan-tautan Akses

Ribuan Rumah Terendam Banjir di Bima


Banjir di Bima, NTB Rabu 21/12 (foto: BNPB).

Banjir di Bima, NTB Rabu 21/12 (foto: BNPB).

Ribuan rumah di kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Sumbawa di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) hari Rabu (21/12) terendam banjir akibat hujan deras selama beberapa jam.

Banjir setinggi 1-2 meter di kota Bima membuat ribuan warga terpaksa mengungsi, termasuk sejumlah tahanan lembaga pemasyarakatan kota Bima.

Dalam pernyataan yang diterima VOA, Kepala Pusat Data Informasi & Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan data sementara menunjukkan puluhan rumah rusak dan satu jembatan negara putus.

Listrik di sebagian kota padam dan layanan komunikasi banyak yang terputus. Bandara Bima juga belum dapat digunakan karena terendam banjir. Setidaknya lima penerbangan dari dan menuju ke Bima hari Rabu dibatalkan.

Hingga saat ini BPBD bersama tim gabungan TNI-Polri, SAR, Tagana, PMI, SKPD, relawan dan masyarakat masih terus melakukan evakuasi dan memberi pelayanan kesehatan bagi warga yang terkena dampak. Kebutuhan paling mendasar yang saat ini diperlukan warga adalah perahu karet, makanan, selimut, tenda, air bersih, obat-obatan dan makanan bayi.

Hujan sangat lebat di Bima dan Sumbawa, serta di sebagian wilayah Indonesia bagian timur itu tidak terlepas dari siklon tropis Yvette yang hingga berita ini disampaikan masih berada di sekitar Samudera Hindia, sebelah selatan Bali.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG, siklon tropis Yvette ini akan menimbulkan dampak terhadap cuaca di Indonesia, berupa hujan sangat lebat di wilayah Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT. [em]

Warga berusaha mengungsi dari rumahnya yang terendam banjir di Bima, NTB Rabu 21/12 (foto: BNPB).

Warga berusaha mengungsi dari rumahnya yang terendam banjir di Bima, NTB Rabu 21/12 (foto: BNPB).

‚Äč

XS
SM
MD
LG